31 March 2020

Cegah Covid-19, Lahmuddin : PPT Kedepankan Karantina Mandiri, Satu Rumah Namun Kamar Terpisah


MENTAWAI, (GemaMedianet.com— Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar menilai Pelaku Perjalanan dari daerah kasus Importase/terjangkit (PPT)  berpotensi terus bertambah. Oleh karena itu peninjauan pemeriksaan di Dermaga Tuapejat sangat penting dan menentukan.

Seperti pada pagi ini, Kapal Ambu-ambu sudah merapat di Dermaga Tuapejat, maka PPT akan berpotensi terus bertambah.

Menurut Lahmuddin Siregar, sebagai PPT tentu akan rentan untuk sakit dan menularkan Covid. 

Namun Lahmuddin mengingatkan, untuk tidak panik, tetapi berbuat untuk lindungi diri, keluarga dan sesama dengan prinsip pembatasan jarak (Physical Distancing).

Dijelaskan, PPT di dalam keluarga boleh tinggal serumah, tapi tinggal di kamar yang terpisah. Kemudian istirahat yang cukup, serta konsumsi sayur dan buah. 


"Karantina mandiri memang tidaklah enak, tetapi tidak apa-apa untuk lindungi diri dan keluarga dan sesama," tukas Lahmuddin Siregar dari laman facebooknya, Senin (30/3/2020). 

Ditambahkan, 14 hari ke depan sejak PPT tiba di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai agar terus memantau kesehatan diri sendiri, dan jangan keluar serta tetaplah tinggal di rumah. 

"Rindu dan sayang keluarga tidak harus memeluk anak atau istri atau pun dipeluk keluarga lain, karena kita tidak tahu siapa yang akan tertular atau pun yang akan menularkan," terangnya.

Selain itu, jangan berada di keramaian, tetap di rumah untuk cegah penularan, dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

"Bila keluarga kita sebagai pelaku perjalanan daerah daerah terjangkit, maka lakukan monitoring mandiri dan karantina mandiri. Begitu juga dengan keluarga segera beritahu petugas kesehatan terdekat," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam rangka meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan Virus Corona Disease (Covid-19), Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake bersama Tim Gugus Tugas didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar meninjau pemeriksaan penumpang di Dermaga Tuapejat, Jum'at (27/3) lalu. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER