23 Desember 2019

Pemko Padang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Kota  Padang.

Pencanaangan ditandai dengan penandatanganan piagam zona integritas oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Itjen Kemendagri, BPK RI Perwakilan Sumbar, BPKP Pewakilan Sumbar, Ombudsman, dan Unsur Forkopimda Kota Padang. Kemudian dilanjutkan penandatangan fakta integritas secara simbolis oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penandatangan tersebut dilaksanakan di sela-sela pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Tahun 2019 di Ruangan Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Aia Pacah, Senin (23/12/2019). Sebagaimana tema yang diangkat dalam Rakorwasda adalah “APIP Unggul Mengawal RPJMD Kota Padang 2019-2024”.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Korupsi Melayani (WBBM) difokuskan pada dua sasaran utama yakni, terwujudnya pemerintah yang bersih, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

"Tahun 2019 baru tiga OPD yang kita jadikan pilot projek zona integritas menuju wilayah bebas korupsi diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan RSUD dr. Rasidin Padang," ungkap Hendri.

Ia menambahkan, pada 2020 Pemerintah Kota Padang menargetkan, semua OPD di lingkungan Pemko Padang harus berkomitmen menjadikan OPD nya menuju wilayah bebas korupsi.

Menjadikan OPD menuju wilayah bebas korupsi, sebutnya, tertuang dalam RPJMD Kota Padang 2019-2024, yang salah satu misinya, meningkatkan tatakelola pemerintah bersih dan pelayanan publik yang prima.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan pencanangan Zona Integritas menuju wilaya korupsi di lingkungan Pemko Padang. Melalui pencanangan ini dapat menjadi langkah awal setiap OPD di Kota Padang menuju WBK," jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Kota Padang Corri Saidan mengatakan, pencanangan ZI betujuan untuk membangun komitmen dan tanggung jawab bersama dalam mewujukan Kota Padang menuju wilayah bebas korupsi.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 250 peserta terdiri dari Asisten, Staf Ahli, Sekwan, Kepala Badan, Dinas, Kantor, bagian, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Kepala SMP dan SD Negeri perwakilan kecamatan," tutupnya.

Rakorwasda Tahun 2019 ini juga dihadiri Inspektur khusus itjen kemendagri Teguh Narutomo, Pemerintah Provinsi Sumbar Mira Susanti, BPK-RI Perwakilan Sumbar Hari, BPKP Perwakilan Sumbar Buyung Wirowo Samudro, Ombudsman Sumbar Yefri, Kodim 0312/Padang Kapten Setian, Polresta Padang diwakili AKP Nur jani, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, POM 1/4 Padang diwakili Mayor Jasman, Lantamal II Teluk Bayur yang mewakili Letkol Laut Abdul Kadir SE. (Humas).

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan