04 December 2019

Hindari Bansos Tak Tepat Sasaran, Para Operator DTKS Di-Bimtek


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial Kota Padang memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap operator verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Hotel Kyriad Bumi Minang, Senin (2/12/2019).

Sekretaris Daerah Kota Padang Amsrul saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, DTKS merupakan penentu sasaran pemberian Bansos atau subsidi kepada masyarakat. Hal ini juga menjadi penentu berhasil tidaknya program pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah.

“Pengelolaan DTKS saat ini berbasis teknologi dan informasi, karena jadi syarat utama untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima manfaat,” kata Amasrul mewakili Wali Kota Padang dalam pembukaan Bimtek tersebut.

Ia menambahkan, Kementerian Sosial RI telah membangun sistem informasi kesejahteraan sosial next generation atau SIKS – NG sebagai sarana pengelolaan satu data terpadu nasional. Ini solusi bagi penyediaan data dalam pengentasan kemiskinan.

“Sayangnya belum semua operator yang memenuhi kapasitas untuk pengelolaan data karena keterbatasan sarana IT dan masih kurangnya penguasaan dari operator sendiri. Semoga pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan kepada operator sehingga akan memudahkan mereka dalam melaksanakaan tugas," paparnya mengakhiri. 

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi menyebutkan, peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 145 orang terdiri dari Kasi Kessos Kecamatan, Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial (TKSK), operator SIKS-NG, serta Koordinator Teknis PKH.

Ia menambahkan, sejauh ini untuk peningkatan penguasaan dalam pengelolaan data oleh operator, pihaknya telah mengusahakan untuk penambahan kelengkapan sarana dan prasarana disamping itu juga tetap memikirkan kesejahteraan dari petugas operator.

 "Semoga hal ini segera dapat terwujud sehingga dapat memotivasi para operator untuk bekerja lebih giat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Afriadi. (humas)

0 komentar:

Post a Comment

Prakiraan Cuaca

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER