12 December 2019

Dilantik Sebagai Camat Lunang, Lyonica Ventira Satu-satunya Camat Perempuan di Pessel


PAINAN, (GemaMedianet.com— Dilantik sebagai Camat Lunang menjadikan Lyonica  Ventira, S.I.p satu-satunya Camat Wanita di Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat. Lyonica Ventira, S.Ip sebelumnya merupakan Sekretaris kecamatan di tempat yang sama.

"Jabatan ini bagi saya sebuah tantangan dan sekaligus peluang untuk membuktikan kalau perempuan juga bisa sukses menjadi camat sebagaimana laki laki," katanya usai acara serahterimakan  jabatan dari pejabat lama Mukhtar Is, Kamis (12/12/2019).

Pada hari yang sama juga dilakukan serahterima jabatan  camat Pancung Soal dari Burhanuddin, SE kepada Yusri Afnidal, S.Sos.

Acara serahterima jabatan camat Lunang dihadiri bupati yang diwakili staf ahli bupati bidang Ekonomi, keuangan dan pembangunan, Rusdyanto, SH, MH, sedangkan di pancung dihadiri Asisten pemerintah dan Kesra Muskamal, SH, M.Si

Dalam amanatnya bupati mengatakan camat merupakan perpanjangan tangan bupati di tingkat kecamatan, dengan demikian camat memiliki peran yang sangat penting dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat.

"Karena peran itu, maka kepiawaian seorang camat dalam membangun komunikasi, menjadi salah satu tolok ukur kesuksesannya," tukasnya. 

Dikatakanya bahwa mutasi, rotasi dan promosi adalah salah satu bentuk pembinaan dan pengembangan karier bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Dengan dipromosinya saudari, Lyonica Ventira dari Sekcam menjadi camat sebagaimana serah terima yang dilakukan hari ini, tentunya sudah melalui proses dan kajian yang panjang. Dari itu jalankanlah amanah ini dengan baik dan penuh tanggung jawab," katanya.

Dijelaskannya, tugas sebagai seorang camat tidaklah mudah. Sebab banyak hal yang harus dikuasai, terutama dalam menghadapi era globalisasi dan digitalisasi saat ini.

"Camat harus memiliki jiwa resonsif terhadap setiap permasalahan, serta juga cepat tanggap dan terbuka terhadap perubahan lingkungan yang begitu cepat perkembanganya," ujarnya. 

Selain itu, sebut dia lagi, camat juga bisa mengayomi masyarakat serta menjadi panutan yang baik oleh masyarakat. 

"Bahkan lebih dari itu, juga piawai dalam menjalin komunikasi," ungkapnya.

Kemudian, camat juga harus rajin turun ke nagari nagari, camat juga harus mengkoordinasikan segala kegiatan terkait pemberdayaan dan lainya.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Pemerintahan dan otonomi daerah Setda Pessel, Anggota Forkolimcam, tokoh masyarakat. (*/doni)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER