22 November 2019

Peringatan Harkannas 2019 di Kota Padang Kampanyekan GEMARIKAN


PADANG, (GemaMedianet.com— Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh setiap 21 November tahun ini diperingati secara meriah. Melalui momentum tersebut, Pemerintah Kota Padang mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) bagi seluruh masyarakat Kota Padang.

Peringatan Harkannas 2019 di Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini dilangsungkan di bawah Jembatan Siti Nurbaya, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (21/11/2019) pagi.

Cukup banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan sesuai tema Harkannas 2019 yakni "Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa". 

Hadir dikesempatan itu Wali Kota Padang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Amasrul, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli yang juga Ketua Forikan Kota Padang, Wakil Ketua II Forikan Kota Padang Ny. Marni Amasrul, Camat Padang Selatan Fuji Astomy beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Selatan Ny. Wenni fuji Astomi serta pihak terkait lainnya. 

Sekda Amasrul dalam sambutannya menyampaikan, melalui momentum Harkannas 2019 berharap dalam rangka menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing sesuai hasil kajian bahwa orang yang gemar memakan ikan memiliki kecerdasan yang tinggi. 

"Harapan kita di pemko semua keluarga di Kota Padang selalu mengajak anggota keluarga terutama anak-anaknya untuk gemar memakan ikan. Karena nutrisi ikan sangat tinggi sekali sebagai salah satu upaya menjadikan masyarakat khususnya generasi muda yang cerdas," tukasnya.

Menurutnya, begitu sangat bermanfaatnya konsumsi ikan, maka anak-anak perlu didorong untuk gemar memakan ikan yang akan meningkatkan kecerdasan anak dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Karena jika kurangnya asupan gizi pada periode tersebut makan akan timbul 'stunting' yang menjadikan anak-anak terhambat perkembangan otak dan fisik, sulit berprestasi serta rentan terhadap penyakit.

Amasrul berharap, semua jajaran Pemko serta seluruh stakeholder terkait dapat mengawal dan menunjang program peningkatan konsumsi makan ikan bagi masyarakat Kota Padang.

"Jangan sampai kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia dengan konsumsi ikannya mencapai 70 kg per kapita per tahun. Begitu juga Singapura, 80 kg per kapita pertahun, dan Jepang yang mendekati 100 kg per kapita per tahunnya. Sebagaimana target nasional adalah 54,49 kg per kapita diharapkan Kota Padang mampu mendekati target nasional dengan selalu menggalakkan program gerakan memasyarakatkan makan ikan dengan berbagai kegiatan seperti hari ini," pungkas Sekda mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang, Guswardi menyebutkan maksud dan tujuan penyelenggaraan peringatan Harkannas 2019 kali ini adalah agar masyarakat serentak mengkonsumsi makan ikan. Beberapa kegiatan digelar, diantaranya dimulai dari membagikan makanan kudapan berbahan ikan untuk murid PAUD, SD dan masyarakat Kota Padang yang tersedia di dalam 'food truck' sebanyak lebih dari 2.000 tusuk bakso ikan. 

Selanjutnya, melakukan gerakan  edukasi "Ayo Makan Ikan-Cegah Stunting melalui pembacaan buku tentang ikan dan manfaat ikan di hadapan 100 orang anak-anak PAUD se-Kecamatan Padang Selatan, Lomba Makan Ikan (matang) antar eksekutif Pemko Padang dan pihak terkait lainnya, dan Lomba Menangkap atau memindahkan belut yang diikuti 100 orang murid SD se-Kecamatan Padang Selatan. 

Selain itu, dilakukan penyerahan Kartu Asuransi Nelayan dan Kartu KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) kepada perwakilan pelaku utama kelautan dan perikanan Kota Padang bekerjasama dengan pihak BNI 46 Cabang Padang.

Ia juga menambahkan, guna memeriahkan peringatan Harkannas 2019 juga digelar bazaar atau pameran olahan ikan. "Semuanya merupakan produk hasil olahan dari pengolah hasil perikanan Kota Padang, khususnya UMKM Kecamatan Padang Selatan," terang Guswardi. (Humas)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER