01 October 2019

Peringati HJP Sumbar ke-74, Rinaldi : Saatnya Berpartisipasi Dalam "Ber-Sumatera Barat"


PADANG, (GemaMedianet.com— Untuk pertama kali, Hari Jadi Provinsi (HJP) Sumatera Barat ke 74 yang jatuh tepat tanggal 1 Oktober 2019 diperingati.

Meski yang pertama, namun tidak terlihat ada parade, karnaval maupun kegiatan sejenisnya dalam menandai semaraknya hari penting tersebut. 

Peringatan baru bersifat seremonial yang dilangsungkan dalam rapat paripurna perdana DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019).

Anggota DPRD Sumbar, Rinaldi berharap ke depan peringatan HJP lebih bergairah dan semakin semarak.

"Masak utk HJP kita sendiri tidak ada semangatnya. Justeru dengan HJP yang telah diperjuangkan anggota DPRD Sumbar periode sebelumnya ini jadi momentum bagi kita seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam Ber-Sumatera Barat," ungkap Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada awak media, Selasa sore.

Menurutnya, dengan adanya penetapan HJP, maka perlu terus dilakukan sosialisasi identitas yang sudah dibangun, sehingga masyarakat ke depan semakin menjiwai dan menumbuhkan semangat bersejarah.

Apalagi, tambah Rinaldi, masyarakat Minang sejak dahulu sudah terkenal dengan tradisi berpikir. Untuk itu dengan momentum HJP ini mari kita belajar sejarah. Dan sejarah sudah membuktikan banyak sudah tokoh-tokoh penting nasional dan bhakti yang mereka berikan untuk negeri ini tak diragukan lagi. 

Keunggulan Sumbar dari dulu itu tentu harus terus berlanjut dan terpelihara dengan baik, sehingga dapat menjadi pemicu untuk berkiprah ke tingkat nasional.

"Ada lebih kurang 15 juta lebih masyarakat Minang di seantero negeri dan ini menjadi potensi yang juga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," tukasnya.

Ke depan, Rinaldi juga berharap Dinas Kebudayaan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata berperan serta menyosialisasikan HJP sesuai bidangnya masing-masing, sehingga semua elemen masyarakat merasakan "Ber-Sumatera Barat". (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER