03 September 2019

Wapres RI Jusuf Kalla Serahkan Hadiah Pemenang MEA II Tahun 2018/2019 Senilai 300 Juta


PADANG(GemaMedianet.com— Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla kembali berkunjung ke Ranah Minang. Kali ini untuk menyerahkan hadiah bagi pemenang Minang Entrepreneurship Award (MEA) II tahun 2018/2019 yang dilangsungkan di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (3/8/2019).

Mahasiswa yang terpilih sebagai juara pertama untuk kategori eksisting bisnis, diperoleh Riski Syahputra dengan Usaha Kopi Kerinci Depati dari Universitas Andalas (Unand). Sedangkan pemenang untuk kategori usaha rintisan, Juara I diraih Anisa Isakinah dengan Usaha Debat Minang dari Universitas Andalas (Unand).

Berdasarkan hasil penilaian dari presentasi, wawancara dan demo produk sebanyak 12 kelompok tampil sebagai pemenang dari dua kategori, yaitu eksisting bisnis, dan usaha rintisan.

Berikut 12 kelompok dari pemenang dua kategori yaitu eksisting bisnis dan usaha rintisan.

Untuk kategori eksisting bisnis, Juara I diperoleh Riski Syahputra dengan usaha kopi Kerinci Depati dari Universitas Andalas. Disusul Juara II Rabil Reski dengan Usaha Rancak Batik Gunting Cino dari Universitas Andalas, dan Juara III Muhamad Rofik Akbar Usaha Kerupuk Tuiri dari Universitas Terbuka Bengkulu.

Sedangkan juara Harapan I Siti Rukaya dengan Usaha Sate Cumi Bakar dari STI Pol Tanjung Pinang. Harapan II Ihsan dengan Usaha Jus Pasu dari Universitas Jambi, dan Harapan III diperoleh oleh Miftahul Ashari dengan Usaha Jasa Pembuatan Peta dari Universitas Islam Riau.

Selanjutnya untuk kategori usaha rintisan, keluar sebagai Juara I Anisa Isakinah dengan Usaha Debat Minang dari Universitas Andalas. Juara II Arif Abdul Putra, Usaha Arif Hidroponik dari Universitas Negeri Padang (UNP), dan Juara III Warasi Mustakim dengan Usaha Ardutek dari Universitas Muhammadiyah Sumbar.

Sedangkan Juara Harapan I Nesa Suru Handayani Nejinotik dari Universitas Dharma Andalas, Harapan II Retno Ayu widiastuti Usaha Alif Colection dari Universitas Riau, dan Harapan III Anang Guramat Usaha Canti dari Universitas Jambi.

Rektor UNP Prof Ganefri : Pemenang MEA Kedua Diapresiasi Wapres Jusuf Kalla 

Sebelumnya, Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph.D menyebutkan, para pemenang Minang Entrepreneurship Award (MEA) II tahun 2018/2019, dijadualkan pada Selasa (3/8) akan bersalaman dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Auditorium UNP. Wapres JK sekaligus akan menyerahkan hadiah MEA ll kepada para pemenang dengan total hadiah sebesar Rp300 Juta.

"Selasa besok kami umumkan. Pak Wapres dijadwalkan akan hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang I, ll dan III," kata Prof. Ganefri, didampingi Ketua Pelaksana, Abrinaldi kepada wartawan saat jumpa pers persiapan pengumuman pemenang MEA II, di ruang rapat Rektor UNP, Sabtu, 31 Agustus lalu. 


Dijelaskannya, program MEA ini lahir atas inisiatif dan kesadaran kolektif dari Perguruan Tinggi Sumbar yang terdiri dari UNP, Universitas Andalas dan perguruan tinggi di bawah LLDikti Wilayah X. MEA merupakan kegiatan kompetensi berwirausaha yang bertujuan untuk mendorong para mahasiswa di Perguruan Tinggi untuk berani memulai dan memupuk jiwa wirausaha. 

Melalui pengembangan karakter, pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan hasil riset dan teknologi di Perguruan Tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja di lndonesia. 

"Program MEA dibagi atas dua kategori kegiatan wirausaha, yaitu star-up bisnis bagi yang baru mengembangkan ide/konsep/prototip usaha, dan eksisting-bisnis bagi mahasiswa yang sudah punya aktivitas usaha yang dibuktikan dengan adanya pendapatan (cash flow) badan usaha," ujarnya. 

MEA ini sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Pada tahun itu, sebanyak 6 PTN dan 13 PTS di Sumbar telah menjaring 216 proposal bisnis dengan serta proposal star-up bisnis sebanyak 99 proposal dan eksisting-bisnis sebanyak 45 proposal. Melalul desk-evaluasi 36 usulan star-up dan 12 eksisting bisnis dimulai dan diundang untuk presentasi. 

Kemudian, untuk MEA II kompetisi berwirausaha itu tidak hanya diikuti oleh PTN-dan PTS di Sumbar, tapi juga di Riau, Jambi dan Kepri. Bahkan, jumlah perguruan tinggi yang mengikuti MEA II ini mencapai 37 dengan jumlah proposal sebanyak 259. 

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 eksisting-bisnis dan 160 proposal star-up bisnis melakukan desk-evaluasi," bebernya.

Secara kuantitas dan kualitas, sebutnya, kegiatan MEA H ini meningkat dari MEA I. Bahkan, peningkatannya hampir dua kali lipat. "Dan tentunya, kenyataan ini menunjukkan perluasan cakupan dan keterlibatan 4 propinsi di LLDikti Wilayah X telah meningkatkan semangat mahasiswa untuk memulai kegiatan wirausaha," imbuhnya. 

Untuk ke depannya, tambah Ganefri, kegiatan MEA ini akan tetap dilanjutkan secara berkala. Untuk program MEA ke Ill, akan direncanakan pada 2020/2021, dan untuk jumlah pesertanya akan diperluas dengan mengikutsertakan seluruh Perguruan Tinggi se-Sumatera.

"MEA ini juga didukung penuh oleh Wapres Jusuf Kalla, dan dukungan itu diberikan, karena beliau pernah menyampaikan spirit yaitu, "tidak ada negara maju di dunia ini karena pegawai, suatu negara maju jika banyak pengusaha yang kreatif dan innovatif,” pungkas Ganefri.  

Dalam kunjungan Wapres ]K ke UNP yang ketiga kali ini, dikatakan Prof. Ganefri, sekaligus juga peresmian Asrama Mahasiswa UNP dan Unand yang dipusatkan di Asrama Mahasiswa di kawasan Sekolah Labor UNP.

"UNP mendapat 2 asrama dengan jumlah kamar 87 dan UNAND mendapat 1 asrama dengan jumlah 50 kamar," tukasnya. (Em/Humas) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan