03 May 2019

Pesantren Ramadhan Kembali Digelar, Padang Integrasikan Pembinaan Iman dan Takwa Dengan ABS-SBK


PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) tahun ini kembali menggelar Pesantren Ramadhan. Kegiatan tersebut selain menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H, juga dalam rangka meningkatkan pembinaan iman dan tawa, sekaligus memperkokoh Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Kegiatan yang dilaunching (dicanangkan) Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Jum'at (3/5/2019) tersebut diikuti ribuan santriwan santriwati yang berasal dari Sekolah Dasar (SD)/sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat serta para guru se Kota Padang. 

Launching selain disemarakkan para santriwan santriwati itu juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Padang, Kepala Kemenag dan Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kota Padang, Bundo Kanduang, organisasi keagamaan dan organisasi masyarakat, serta pihak terkait lainnya. 

Kepala Bagian Kesra, Jamilus dalam laporannya menyampaikan, ada beberapa poin penting dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 tahun 2019 ini, yang Insyaallah umat Islam pada hari Senin mendatang (6/5) melaksanaka ibadah puasa hari pertama. 


Serangkaian itu, untuk meramaikan Masjid dan Mushalla di Kota Padang digelar kembali Pesantren Ramadhan. Kegiatan tersebut bakal diikuti ribuan santriwan santriwati yang berasal dari SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs) serta para guru se Kota Padang. 

Kegiatan Pesantren Ramadhan yang berlangsung lebih kurang selama 17 dimulai pada 11 - 29 Mei tahun ini mengangkat tema "Pembinaan Iman dan Takwa, serta memperkokoh ABS-SBK". Tema kali ini merupakan pembaharuan sekaligus pembeda dari pelaksanaan Pesantren Ramadhan dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Harapannya, pembaharuan dengan pengintegrasian Iman dan Takwa serta ABS-SBK tersebut, dapat melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa dengan tidak kehilangan jati diri filosofi ABS-SBK,"  ujarnya. 


Kegiatan Pesantren Ramadhan 1440 H ini juga dimaksudkan untuk memupuk persaudaraan sesama warga Kota Padang, antar seluruh siswa-siswi Kota Padang dan  antar Guru se Kota Padang.

Sedangkan biaya untuk pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan 2019 ini dibebankan pada DPA Bagian Kesra Kota Padang tahun 2019. 

Terakhir, untuk memotivasi dan mendorong siswa-siswi yang hadir pada hari ini, panitia menyediakan hadiah 9 unit televisi.


"3 unit untuk TPQ/MDT, 3 unit untuk SD/MI, dan 3 unit untuk SMP/MTs," ujar Jamilus yang disambut suara riuh kegembiraan dari para siswa-siswi yang memadati RTH Imam Bonjol. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER