05 April 2017

Pemprov Sumbar Ajukan Kembali Ranperda Pemerintahan Nagari


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintahan Nagari tidak saja mengenai masalah pemerintahan administrasi, tetapi juga harus mengakomodir nagari sebagai kesatuan adat. Ranperda Pemerintahan Nagari ini sebelumnya sudah dilakukan pembahasan di DPRD, namun dikembalikan kepada pemerintah daerah untuk disempurnakan. 

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim mengawali pembukaan rapat paripurna penyampaian Nota Pengantar Ranperda Nagari, Rabu (5/4/2017).

Ia menyebutkan, mengingat dalam tata tertib DPRD, Ranperda yang tidak mendapatkan kesepakatan bersama pemerintah daerah dan DPRD tidak bisa diajukan pada masa sidang yang sama, maka Ranperda Nagari yang sudah dibahas pada tahun 2016 dan dikembalikan baru bisa diajukan kembali pada masa sidang tahun 2017. "Ranperda yang diajukan kembali tersebut hendaknya sudah mengalami penyempurnaan yang relevan dengan sistim pemerintahan terendah di Sumatera Barat," harap Hendra. 

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam penyampaian Nota Pengantar Ranperda Nagari menjelaskan, lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberi peluang kepada daerah untuk membentuk pemerintahan terendah setingkat desa berdasarkan adat istiadat. "Bagi Sumatera Barat sendiri hal ini menjadi peluang untuk memfungsikan kembali sistim pemerintahan nagari menurut "Adat Salingka Nagari," terang Nasrul Abit.

Dia menyebutkan, dicabutnya dua UU yaitu UU Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Daerah, dan UU Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa, mendahului semangat konstitusional dalam mengakui dan menghormati masyarakat hukum adat. Hal ini sekaligus membuka peluang bagi daerah, untuk membentuk pemerintahan daerah yang tidak harus seragam. 

UU Nomor 22 Tahun 1999, sebutnya, menjadi dasar bagi Provinsi Sumatera Barat membentuk Perda Nomor 9 Tahun 2000 tentang Ketentuan Pokok Pemerintahan Nagari. Begitu juga dengan lahirnya UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, maka Perda Nomor 9 Tahun 2000 juga disesuaikan dengan lahirnya Perda Nomor 2 Tahun 2007.

"Perda ini mengamanatkan pembentukan nagari di kab/kota di Provinsi Sumatera Barat, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai. Namun dalam penyelenggaraannya masih sama dengan desa, dimana urusan administrasi pemerintahan masih terpisah dengan urusan adat yang secara yuridis menjadi hambatan untuk kembali ke Nagari," ujarnya. 

Wagub juga menyampaikan, Nagari sebagai kesatuan masyarakat hukum adat di Sumatera Barat memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai penyelenggara pemerintahan berdasarkan hukum adat sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 6 Tahun 2014. Pasal yang mengatur pemerintahan desa adat dalam UU tersebut adalah Pasal 109.

Ia menyebutkan, maksud dari Ranperda Nagari, lanjutnya, adalah sebagai payung bagi pemerintah kabupaten dan kota dalam pembentukan nagari sebagai penyelenggara pemerintahan berdasarkan hukum adat. Tujuannya, agar terbentuk Nagari sebagai kesatuan hukum adat yang secara geneologis dan historis memiliki batas-batas dalam wilayah tertentu, memiliki harta kekayaan sendiri, berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat. 

Untuk Kepulauan Mentawai, terang wagub, nantinya memiliki pasal dan aturan tersendiri di dalam Ranperda Nagari. Pengaturan ini karena Kepulauan Mentawai menggunakan sistim pemerintahan desa, dengan nama desa adat sebagai pemerintahan terendah.

Sementara ruang lingkup yang dirancang untuk diatur dalam Perda Nagari antara lain susunan kelembagaan nagari, pengisian jabatan serta masa jabatan kapalo (kepala) nagari. Ranperda tersebut terdiri dari 5 BAB dan 18 Pasal yang antara lain memuat ketentuan umum, kelembagaan nagari, ketentuan lain-lain dan ketentuan peralihan. 

Selain penyampaian Nota Pengantar Ranperda Nagari, rapat paripurna juga beragendakan penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran  2016 oleh Gubernur Sumbar. (*/emr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan