28 Maret 2024

Tingkatkan Sinergi, Zardi Munculkan Gagasan Bentuk Forum Bagian Persidangan Set DPRD se-Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com) I Tingginya perhatian Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dalam menjalankan tugas-tugas dalam menilai dan melakukan pemeriksaan kegiatan kedewanan semakin lebih rinci dan akuntabel, tentu harus pula diiringi dengan kebaikan penyelenggaraan administrasi di Sekretariat DPRD. 

Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Zardi Syahrir, SH, MM menilai hal itu sejalan dengan upaya nyata dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan bersih. 

Hal itu disampaikannya pada acara sillaturahmi dan konsultasi kegiatan kedewanan dengan Bagian Persidangan DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Selasa kemarin. 

Zardi juga menambahkan, butuh kejelimetan staf DPRD dalam menyiapkan administrasi kegiatan kedewanan sebagai pertanggungjawaban kegiatan. 

Selain itu, katanya lagi, staf DPRD Sumbar juga mesti gigih dalam memberikan pengertian dan pemahaman aturan dalam kegiatan kedewanan pada Bapak dan Ibu Dewan. 

"Jika tidak sesuai aturan tentunya akan menjadi temuan dan penilaian kinerja buruk," ungkap Zardi.

Dia juga menyampaikan, dalam membangun kebaikan penyelenggaraan administrasi dan kegiatan bagian persidangan dirasa perlu juga membangun kalaraborasi diri antara bagian persidangan provinsi dan kabupaten/ kota se Sumbar. 

"Kita menyarankan untuk membentuk forum bagian persidangan Sekretariat DPRD se Sumbar guna membangun sinergi dan melihat pelaksanaan aturan perundangan- undangan dalam kacamata yang sama guna memberikan fasilitasi kegiatan yang  sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku," ajaknya. 

Fungsional Perisalah Legislatif Ahli Muda, Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fahera, S.IKom, M.I.Kom, juga mengatakan pertanggunjawan laporan mesti dilengkapi dengan dokumentasi kegiatan. 

"Ini menandakan kelengkapan pertanggungjawaban kegiatan bahagian tidak terpisahkan dari kinerja kegiatan, dokumentasi menjadi salah satu alat atau keterangan bukti kegiatan itu berjalan baik," ungkap Reza. 

Dia pun juga menanggapi, pembentukan forum bagian persidangan sekretariat DPRD Provinsi dan kabupaten/kota hal yang baik dalam meningkatkan kinerja dan berbagi informasi.

"Namun sebaiknya buat forum memang diterima oleh bagian persidangan set DPRD kab/kota se Sumbar, sehingga memang terbangun koordinasi dan sinergi informasi yang baik kedepannya," harapnya. 

Japung Humas, Publikasi, Protokol dan Perpustakaan Set DPRD Sumbar, Dahrul Idris,STTP, MSi dalam kesempatan itu juga menyampaikan, forum bagian persidangan yang akan dilakukan sebaik dimulai dengan group Whastapp saja dahulu. 

"Kita akan himpun whastapp kawan-kawan bagian persidangan set DPRD se Sumbar, maka kita akan melakukan koordinadi intensif lagi ke kabupaten/ kota se Sumbar," ujarnya. (*)

#Editor : Marzuki RH 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan