20 Maret 2024

Gempa Bumi Berkekuatan M 5,3 di Pesisir Selatan Terasa Hingga ke Padang, Bengkulu dan Jambi



PADANG, (GemaMedianet.com) I Jelang masuknya waktu Sholat Ashar, hari ini Rabu (20/3/2024) masyarakat dikagetkan dengan telah terjadinya gempabumi berkekuatan lebih dari Magnitudo 5.0.

Danil (35) seorang warga GOR Haji Agus Salim Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan, dirinya merasakan gempa yang cukup kuat beberapa saat akan masuknya Sholat Ashar.

“Saya tengah duduk di dalam masjid. Tiba-tiba terasa gempa, saya langsung saja berdiri ke luar ruangan,” ujar Danil saat menunggu masuknya waktu Sholat Ashar.

Info Gempa BMKG menyebutkan, Gempa dirasakan Mag:5.3, 20-Mar-24 15:24:57 WIB, Lok:2.09 LS, 100.44 BT (Pusat gempa berada di laut 83 km Barat Daya Pesisir Selatan), Kedlmn:21 Km

Gempabumi ini dirasakan di Pesisir Selatan, Mukomuko. dan Sungai Penuh dengan skala intensitas II - III MOI, yakni Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan di Kota Padang dengan skala intensitas II MMI, yakni Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Kendati tidak berpotensi tsunami, pihak BMKG menghimbau agar masyarakat
tetap berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Kepada masyarakat juga dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. DARYONO, S.Si., M.Si dikutip dari situs web https://inatews.bmkg.go.id/

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan