17 September 2023

Pemko Bersama TNI-Polri Tertibkan Tenda Ceper Pantai Padang



PADANG, (GemaMedianet.com| Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama TNI-Polri melakukan penertiban Tenda Ceper di sepanjang kawasan Pantai Padang, Sabtu (16/9/2023) sore. 

"Sesuai arahan Wali Kota Padang Bapak Hendri Septa, hari ini kita melakukan penertiban Tenda Ceper yang berada di kawasan Pantai Padang,"  ucap Wakil Wali Kota (Wawako) Ekos Albar sewaktu memimpin penertiban tersebut.

Wawako Ekos Albar mengatakan, penertiban Tenda Ceper di sepanjang kawasan Pantai Padang bertujuan untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman, nyaman, bersih dan tertib bagi masyarakat.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang No.11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Peraturan Wali Kota (Perwako) Padang No. 253 Tahun 2014 tentang Pantai Padang Sebagai Kawasan Wisata.

"Kita perlu kembali melakukan penertiban dan juga pengawasan secara berkelanjutan di sepanjang kawasan Pantai Padang selaku objek wisata unggulan di kota ini. Maka itu kita akan bertindak tegak lurus sesuai aturan, jika ada yang melanggar perlu kita tertibkan," ujar Wawako.

Wawako Ekos Albar menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Padang, Dandim 0312/Padang, Direktur Pamobvit Polda Sumbar serta mewakili Dandenpom 1/4 Padang dan Kasipatwalairud, Ditpolairud Polda Sumbar,  atas penertiban yang dilakukan.

Sementara itu, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Padang Raju Minropa mengatakan, Pemerintah Kota Padang bersama unsur TNI-Polri melakukan penertiban dimulai dari depan Hotel My All hingga depan Lapau Panjang Cimpago (LPC). Sebanyak 227 personil yang terdiri dari Pemerintah Kota Padang, unsur TNI - Polri diturunkan untuk melakukan aksi ini.

"Sebelum melakukan aksi penertiban kita bersama Dinas Pariwisata Kota Padang telah sosialisasi. Usai penertiban ini akan mendirikan Posko Satgas Pengamanan Pantai Padang. Di Posko tersebut nanti akan berjaga setiap harinya personil Satpol PP didukung unsur TNI-Polri yang akan melakukan pengawasan," imbuhnya.

Dalam penertiban Tenda Ceper Pantai Padang tersebut, Wawako Ekos Albar turut didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Kadis Pariwisata Yudi Indra Syani, Plt. Kasatpol PP Raju Minropa, Kabag Prokopim Imral Fauzi, dan Camat Padang Barat Junie Nursyamza.

Dari pantauan tim Humas Kota Padang, usai penertiban tidak ada lagi Tenda Ceper di sepanjang kawasan Pantai Cimpago. Pengunjung pun bebas menikmati pemandangan Pantai Padang.

"Kan sebelumnya daerah bibir pantai ini dipenuhi oleh pedagang, sekarang sudah tidak ada lagi sehingga kita bisa lebih leluasa bermain di Pantai Padang ini. Kami berharap hal ini terus dipertahankan," ucap Miftahul Jannah (20) dan Wian Isa Dewi (20) pengunjung asal Dharmasraya dan Jambi.

Pengunjung lainnya, Arif pun memuji langkah Pemerintah Kota Padang dalam menertibkan pedagang yang berada di sepanjang Pantai Padang itu.

"Sebelumnya saya sudah pernah main ke Pantai Cimpago ini, saya lihat kursi pedagang sampai ke bibir pantai ini sehingga anak-anak kesulitan untuk bermain. Sekarang sudah tidak ada lagi, dan kami berharap hal ini terus dipertahankan," ucap Arif pengunjung wisata asal Bukittinggi.

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan