14 Juli 2023

Banjir Kembali Menerjang Kota Padang, Ketinggian Air Hingga Sepinggang Orang Dewasa


PADANG, (GemaMedianet.comHujan deras yang berlangsung sejak Kamis malam hingga Jumat (14/7/2023) dini hari, mengakibatkan sejumlah kawasan di beberapa kecamatan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir. 

Diperkirakan jumlah bangunan milik warga yang terendam banjir mencapai ribuan, dengan kedalaman satu hingga satu setengah meter. Selain itu, banjir juga merendam jalan-jalan utama di Ibu kota Provinsi Sumbar tersebut.

Sejumlah kecamatan yang dilanda banjir itu diantaranya Kecamatan Padang Timur, Padang Barat, Padang Utara, Padang Selatan, Lubuk Begalung, Kuranji, Koto Tangah dan Kecamatan Nanggalo.

Di Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah, salah seorang warga Ardi (56) menyebutkan, ketinggian air bervariasi, paling tinggi sepinggang orang dewasa.

Kondisi yang sama juga terjadi di Maransi Kelurahan Aie Pacah Kecamatan Koto Tangah, warga setempat Didi (27) menyebutkan, banjir kali cukup parah seperti pernah terjadi tahun 2016 silam.

"Banjir kali ini cukup parah ketinggian air sepinggang orang dewasa. Seperti peristiwa tujuh tahun silam," ujarnya.

Sementara di Perumahan Villa Bukit Gading Permai, salah seorang warga Andes Mamori mengatakan, kawasan tempat tinggalnya terendam banjir hingga setinggi 80 sentimeter. Banyak warga yang terkurung dalam rumah masing masing.

“Kami berharap bantuan dari BPBD Padang segara turun membantu warga yang masih bertahan dalam rumah. Dimana air semakin lama semakin naik,” kata Andes yang rumahnya terendam banjir saat ditemui Jumat, sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

Begitu juga di Kawasan RSUD Sungai Sapih, banjir merangsek ke rumah warga dan merendam seluruh perabotan rumah, alat elektronik, serta sepeda motor. Warga berharap petugas segera mengevakuasi mereka.

Doni (42), warga setempat yang membantu pengendara agar tidak terjebak banjir, mengatakan, genangan air di jalan utama menuju RSUD sudah mencapai 60 sentimeter.

“Banyak kendaraan yang mogok seperti mobil dan motor. Dengan itu kami berupaya memberi petunjuk jalan agar kendaraan warga tidak terjebak genangan akibat hujan deras malam ini,” katanya.

Banjir juga membuat sebagian jalan utama Kota Padang lumpuh. Selain kawasan Sungai Sapih, Jalan Khatib Sulaiman, juga seperti Jalan Sudirman, maupun Jalan Proklamasi.

Ketinggian banjir di jalanan hingga ketinggian 60 sentimeter. Banyak kendaraan yang terjebak dan mogok ditengah jalan.

Di lokasi banjir lainnya, yakni Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, sejumlah petugas terus melakukan evakuasi warga yang mulai cemas karena air banjir makin meninggi.

(em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog