08 Juni 2023

Kegiatan Latsitardanus XLIII di Kota Padang Berakhir dan Ditutup Acara Perpisahan




PADANG, (GemaMedianet.com| Pelaksanaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII Tahun 2023 sejak 19 Mei hingga 8 Juni 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) resmi berakhir. 

Kegiatan yang diikuti para Taruna Akmil, Taruna AAL, Taruna AAU, Taruna Akpol serta Praja IPDN, hingga Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Padang tersebut ditutup dengan acara perpisahan yang dilangsungkan di Gedung Balai Basuo Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Rabu (7/6/2023) malam. 

Dalam kegiatan yang penuh haru dan kegembiraan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar. Hadir mendampingi Wawako yakni Plh Sekda Arfian, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Camat Lubeg Heriza Syafani bersama Ketua TP-PKK Ny. drg. Adela Heriza Syafani, serta para Lurah dan unsur Forkopimca hingga semua elemen masyarakat di kecamatan setempat. 

Selain itu juga hadir Komandan Resimen Taruna Latihan (Danmentarlat) Kolonel Laut Wahyu Cahyono bersama Wadanmentarlat AKBP Ari Yuswan Triono serta komandan dan para pengasuh Kompi BS Latsitardanus XLIII di Kota Padang. Teristimewa para induk semang (orang tua asuh) peserta Latsitardanus yang ikut hadir di kesempatan tersebut.

Wawako Padang Ekos Albar dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, atas nama pribadi, warga Kota Padang dan Pemerintah Kota Padang sangat berterima kasih kepada taruna-taruni yang telah mengabdikan diri dalam bingkai kegiatan Latsitardanus XLIII di Kota Padang. 

"Kami sangat bahagia sekali atas terpilihnya Kota Padang dari lima daerah di Sumbar sebagai daerah pelaksanaan Latsitardanus XLIII tahun 2023 ini. Alhamdulillah, melalui kegiatan ini bersama masyarakat banyak hal bermanfaat yang telah dilakukan bagi Kota Padang dan masyarakat Kota Padang. Semoga adik-adik taruna-taruni sukses hingga menjadi pemimpin-pemimpin bangsa nantinya," ucap Wawako mendoakan.

Lebih lanjut Wawako Ekos juga menginginkan Kota Padang dapat meninggalkan kesan yang baik bagi peserta Latsitardanus yang melakukan pelatihan dan pengabdian selama tiga pekan di Kota Bingkuang. Begitu pula sebaliknya, memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan kemajuan pembangunan di Kota Padang. 

"Kita harapkan Padang menjadi kampung kedua bagi taruna taruni. Alhamdulillah, cukup banyak kegiatan positif yang dilakukan peserta Latsitardanus yang sangat bermanfaat bagi Kota Padang. Semoga adik-adik semua bisa kembali lagi ke sini suatu saat nanti," tambah Wawako.

Pada saat yang sama Danmentarlat Kolonel Laut Wahyu Cahyono menyampaikan terima kasih atas sambutan dan pelayanan yang sangat baik dari pemerintah kota dan warga Kota Padang bagi peserta Latsitardanus XLIII. 

"Lebih kurang sebanyak 1.100 taruna-taruni kita hadir ke Sumatera Barat mengikuti kegiatan ini. Sebagaimana untuk di Kota Padang berjumlah 115 orang dengan kegiatannya berpusat di Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubeg," ungkapnya. 

Senada dengan itu, mewakili peserta Latsitardanus XLIII Kompi BS di Kota Padang, lima orang taruna hadir ke atas podium mengungkapkan kesan bahwa Kota Padang adalah rumah yang baik bagi mereka. 

"Kita semua memiliki kesan yang menyenangkan. Padang adalah kota yang ramah. Semua dari kita yang tinggal di rumah induk semang selama mengikuti kegiatan ini memiliki kesan yang menyenangkan. Kita sudah serasa anak kandung bagi mereka," ujar kelima perwakilan peserta Latsitardanus XLIII Kompi BS di Kota Padang tersebut.

"Makanan di sini enak-enak, objek wisatanya cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi. Kita sangat sedih hanya sebentar di kota ini, semoga suatu saat bisa kembali lagi," ujar mereka berurai air mata.

Di akhir kegiatan Wawako Padang Ekos Albar bersama Danmentarlat Kolonel Laut Wahyu Cahyono menandatangani prasasti peresmian Tugu Latsitardanus XLIII Tahun 2023 di Kota Padang yang dibangun berdiri megah di halaman depan Kantor Camat Lubeg.

Seperti diketahui, Latsitardanus merupakan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akmil, AAU, AAL dan Akpol sebelum dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri. 

Kegiatan itu juga diintegrasikan dengan Praja IPDN dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi terkait, dimana tema Latsitardanus tahun ini yakni "Menuju Sumatera Barat Unggul". 

Adapun kegiatan yang dilakukan para taruna-taruni adalah melakukan praktek dan pengabdian di tengah-tengah masyarakat khususnya mengimplementasikan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan. 

Pada Latsitardanus XLIII tahun 2023 di Kota Padang, para taruna-taruni melakukan kegiatan antara lain seperti ikut membantu pengerjaan fisik pengecoran jalan sepanjang 250 meter dan renovasi sebuah jembatan di kawasan Batu Kasek, Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX. 

Selanjutnya melakukan penyuluhan ke beberapa sekolah SMA sederajat di Kota Padang, kunjungan dan aksi bakti sosial di berbagai objek wisata di Kota Padang serta masih banyak kegiatan positif lainnya. 

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan