23 April 2023

Kubus Apung Dipasang di Sungai Batang Arau




PADANG (GemaMedianet.com| Sungai Batang Arau sebagai salah satu dari lima sungai besar di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terus diupayakan menjadi sungai yang bersih dan bebas dari sampah tentunya.

Sebagaimana diketahui, sungai yang berhubungan langsung dengan pantai Muara Padang itu bakal menjadi lokasi Festival Selaju Sampan salah satu rangkaian dari "Festival Muaro Padang" yang bakal dihelat selama libur lebaran, 24-27 April 2023 ini.

Guna mendukung dan memastikan sungai tersebut bebas dari sampah, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah memasang Kubus Apung sejak 15 Maret lalu. Fungsinya untuk menahan sampah agar tidak sampai ke muara atau bibir pantai. 

"Alhamdulillah, kubus apung telah kita pasang di Sungai Batang Arau tepatnya di kawasan Seberang Palinggam di bawah jembatan Pemancungan. Progresnya terlihat nyata. Sampah-sampah yang hanyut dari hulu tertampung di kubus apung ini. Nantinya petugas akan mengangkut sampah tersebut ke TPA," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu meninjau Kubus Apung tersebut, Kamis (20/3/2023).

Wako Hendri Septa menambahkan, pemasangan kubus apung memiliki dampak yang luar biasa terhadap pengurangan debit sampah menuju ke muara sungai. 

"Jika tidak ada kubus apung tentu sampah akan langsung hanyut ke Pantai Padang, dan itu akan dihempaskan ke pinggir pantai sehingga sampah menjadi menumpuk di sana. Hal ini tidak kita inginkan lagi," ujar Wali Kota didampingi Kadis DLH Kota Padang Mairizon sewaktu peninjauan.

Lebih lanjut Wako Padang itu mengatakan, agar memaksimalkan fungsi kubus Apung juga membutuhkan kerjasama dari masyarakat terutama yang ditinggal sepanjang bantaran sungai. 

"Untuk itu kepada seluruh masyarakat Kota Padang, mari kita jaga Sungai Batang Arau ini dan juga sungai-sungai lainnya dengan tidak membuang sampah ke sana. Ini semua demi menjaga keindahan sungai dan keindahan Kota Padang yang kita cintai ini. Apabila sungai-sungai yang ada di Kota Padang bersih terutama sungai Batang Arau ini, tentu akan menambah minat wisatawan berkunjung," pungkasnya. 

Setelah meninjau kubus apung, Wali Kota Padang Hendri Septa juga melanjutkan peninjauan hingga ke hilir sungai Batang Arau. Hal itu ia lakukan untuk memastikan kesiapan Sungai Batang Arau selaku tempat bakal dihelatnya Festival Selaju Sampan.

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan