16 April 2023

Bupati Pesisir Selatan Safari Ramadhan ke Masjid Aqsha Karang Tangah



PESSEL, (GemaMedianet.com| Dalam rangka melaksanakan Safari Ramadhan Khusus Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar bersama tim mengunjungi Masjid Aqsha Karang Tangah Kecamatan Lengayang, Minggu (16/4/2023).

Dalam kegiatan itu dihadiri Kabag Kesra Refri, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Kesehatan, Camat, dan sejumlah wali nagari, Ninik Mamak Bundo kandung beserta tokoh masyarakat lainnya.

Bupati mengatakan, Safari Ramadhan tersebut semata-mata ajang silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Sekaligus menjemput aspirasi warga, serta masukan demi kemajuan kabupaten pesisir selatan.

Maka dari itu, sambung Rusma, dirinya mengajak peran aktif saran, kritikan dan masukan dari seluruh lapisan baik dari para perantau maupun pihak terkaitnya yang sifatnya membangun untuk daerahnya.

"Jadi, masukan dan kritikan ini lah yang benar-benar saya tunggu, terutama dalam mewujudkan kemajuan kabupaten pesisir selatan," ujarnya.

Bupati menyebut, target tersebut sejalan dengan visi-misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, yakni fokus terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat sejahtera melalui optimalisasi potensi unggulan daerah.

"Generasi penerus harus mampu mengelola dan berdaulat terhadap besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini, sehingga tidak menjadi tamu di rumahnya sendiri," ucapnya.

Ia melanjutkan, sedangkan untuk pembangunan fisik gedung lima tahun ke depan fokus pada perbaikan dan penyiapan sarana penunjang peningkatan sumber daya manusia seperti fasilitas kesehatan dan sekolah.  

Kemudian, penyediaan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan sebagai faktor pendukung kegiatan ekonomi masyarakat, utamanya di wilayah sentra produksi produk unggulan daerah. 

Ketersediaan infrastruktur yang memadai, menurutnya, otomatis dapat memangkas biaya produksi, sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya saing yang kuat dan ikut menambah penghasilan petani.

Arah kebijakan itu berbanding lurus dengan fundamental perekonomian daerah, yang menurutnya lagi, hingga kini masih sangat bergantung pada lapangan usaha primer, utamanya sektor pertanian. 

Untuk gedung dan lainnya tersebut, biar generasi penerus nanti yang bikin, sesuai zaman dan kebutuhannya. Tanggungjawab kita, adalah menyiapkan sumber daya manusianya..

"Kalau nanti ada pembangunan gedung itu tidak melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kita, tapi dengan anggaran pemerintah pusat," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Bupati Pessel menyerahkan kartu BPJS gratis secara simbolis bagi masyarakat yang tidak mampu, sekaligus memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Aqsha sebesar Rp20 juta.

(don/r)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan