21 Februari 2023

HPSN 2023 di Lubuk Sikaping, Babak Baru Pengelolaan Sampah di Pasaman



PASAMAN(GemaMedianet.com| Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Pemerintah Kecamatan Lubuk Sikaping menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 dengan tema "Pasaman Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan".

Agenda HPSN 2023 ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 Februari 2023 mendatang, diikuti utusan SD/SDLB, utusan nagari/PKK nagari se-Lubuk Sikaping, di Komplek GOR Tuangku Rao, Lubuk Sikaping, Selasa (21/2/2023).

Bupati Pasaman, Benny Utama melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, Drs. Mara Ondak, MM menyampaikan,  sampah telah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi, sehingga harus melibatkan seluruh komponen terkait. Hal ini menjadi masalah penting dan kepedulian persoalan sampah secara terus-menerus sungguh wajib dilakukan secara bersama-sama.

"Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 ini, adalah momentum bagi semua pihak untuk bergerak atau peduli terhadap sampah dan pengelolaan sampah secara berkelanjutan," ujar Mara Ondak.

Ia juga mengatakan, keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah perlu ditingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program, baik pemerintah, dunia usaha dan segenap lapisan masyarakat.

"HPSN Tahun 2023 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Lubuk Sikaping dan Kabupaten Pasaman pada umumnya, untuk menuju nol sampah atau Zero Emision," terang Sekda.

Selanjutnya, Sekdakab Pasaman juga mengatakan, pengelolaan sampah dengan penguatan kegiatan pemilihan sampah di sumber dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang, merupakan dukungan untuk tujuan minim sampah hingga terwujud zero emisi dan peningkatan ekonomi rakyat.

Mara Ondak berharap, dengan memperingati HPSN ini, permasalahan sampah yang dihadapi dapat menjadi daya guna dan kepedulian bersama.

Mara Ondak juga meninjau langsung kios atau stan daur ulang sampah dari berbagai instansi dan nagari-nagari se-Pasaman.

Mara Ondak juga terlihat membeli bungkusan sampah dari anak SD yang ingin menukarkan kemasan sampahnya di stan bank sampah yang telah disediakan panitia.

"Ini luar biasa, saya salut dengan semangat para anak-anak sekolah dasar ini akan kepeduliannya terhadap sampah," ujar Mara Ondak seraya menyerahkan uang untuk beli sampah dari anak SD tersebut.  (Noel)

Sebelumnya, Camat Lubuk Sikaping, Nina Darmayanti, S.STP menyampaikan, peringatan HPSN di Kecamatan Lubuk Sikaping telah dilaksanakan untuk kali kedua, dengan beberapa rangkaian event dan lomba dengan tujuan supaya lebih luas dimeriahkan dan diikuti oleh masyarakat banyak.

Nina juga mengatakan, tujuan peringatan HPSN, diantaranya untuk menggugah kesadaran masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan, mengurangi, memilah dan mendaur ulang sampah.

(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan