06 Januari 2023

Malam Pergantian Tahun Wako Padang Gelar Muhasabah Bersama Warga



PADANG(GemaMedianet.com| Pada malam pergantian tahun baru masehi 2022 menuju 2023, tepatnya dari hari Sabtu (31/12/2022) pukul 20.00 WIB hingga Minggu (1/1/2023) pukul 01.00 WIB, warga Kota Padang serentak melaksanakan muhasabah (mengevaluasi diri). 

Kegiatan ini digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang dipimpin oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dari Gedung Putih Kediaman Resminya. 

Adapun untuk peserta melibatkan puluhan ribu murid SD, SMP dan SMA sederajat se-Kota Padang yang didampingi orang tua. Mereka pun mengikuti kegiatan ini secara virtual di masjid terdekat dari rumah masing-masing.

Selain itu juga ada yang menyaksikannya secara 'live streaming' melalui channel youtube KOMINFO TV Padang serta akun facebook Diskominfo Kota Padang.

Dalam sambutan dan arahannya, Wali Kota Hendri Septa terlebih dahulu menyampaikan rasa syukurnya seiring pergantian tahun baru masehi dari 2022 menuju 2023.

Sementara terkait kegiatan muhasabah kali ini jelasnya, merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Padang melalui Bagian Kesra di setiap momentum pergantian tahun baru masehi. Tujuannya untuk mengajak warga Kota Padang dapat memaknai kehidupan yang sesungguhnya di momentum pergantian tahun tersebut.

"Alhamdulillah, seperti biasa kita kembali menggelar kegiatan muhasabah disertai zikir, tausiah serta kegiatan kerohanian lainnnya di momen pergantian tahun baru masehi. Untuk kali ini kita mengangkat tema "Melalui Muhasabah Malam Pergantian Tahun Masehi, Kita Jadikan Momentum untuk Meningkatkan Akhlak Masyarakat Kota Padang yang Madani"," ungkap Wali Kota agamis itu.

Lebih lanjut Wako Padang berharap kepada warga Kota Padang dapat memaknai pergantian tahun masehi sebagai momentum untuk hijrah sembari mengevaluasi perjalanan hidup selama satu tahun sebelumnya. 

"Hijrah dalam hal ini adalah bagaimana kita berupaya agar kehidupan kita bisa lebih baik lagi di tahun yang baru. Dengan tekad dan semangat yang baru, insya Allah semoga hidup kita di tahun 2023 mendatang akan lebih baik dan semakin sukses lagi tentunya," imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga membeberkan, alasan lain Pemko Padang menggelar kegiatan muhasabah di momen pergantian tahun masehi adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya kegiatan huru-hura dan aktifitas yang tak berguna dilakukan warga Kota Padang.

"Alhamdulillah, melalui kegiatan muhasabah ini warga Kota Padang khususnya generasi muda berada di masjid. Hal ini sangat baik sekali, daripada keluyuran, huru-hara atau bahkan melakukan kegiatan yang lebih banyak mudharatnya," pungkas sang Wali Kota sembari menyapa hangat peserta.

Pada momentum pergantian tahun baru masehi 2023 ini, untuk kegiatan muhasabah dipimpin oleh Ustaz Mashuri, M.Ag perwakilan Kantor Kemenag Kota Padang. 

Selanjutnya juga ada tausiah dari Ustaz Rahmat Jumaidil (Juara I Cabang MSQ MTQN Tingkat Kota Padang Ke-40) yang berkolaborasi dengan Ustaz M. Yusuf Salam (Juara I Cabang Khutbah MTQN Tingkat Kota Padang ke-40). Selain itu juga ada penampilan haflatul quran, qasidah rebana dan penayangan film tentang akhlak.

Kegiatan pun semakin lengkap karena Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi melaunching program terbaru yaitunya "Shalat Subuh Jumat Barokah Siswa Kota Padang". 

Sementara untuk memotivasi peserta muhasabah  panitia juga menggelar sesi quiz yang menyediakan sebanyak 138 doorprize menarik dengan hadiah utama 4 unit sepeda.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir langsung di Kediaman Resmi Wali Kota Padang unsur Forkopimda Kota Padang, Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Syaifullah serta Kepala Kantor Kemenag Padang Edi Oktafiandy, Ketua MUI Kota Padang H. Japeri dan Ketua DMI Kota Padang H. Maigus Nasir yang juga Anggota DPRD Sumbar.

Selain itu juga hadir Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, kepala OPD dan Camat se-Kota Padang. 

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv