25 Januari 2023

Bupati Padang Pariaman Tinjau 15 Titik Lokasi dan Warga Terdampak Banjir dan Longsor



PADANGPARIAMAN(GemaMedianet.com| Pasca hujan deras yang melanda Kabupaten Padang Pariaman pada Senin (23/1/2023), Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur turun ke beberapa kawasan yang terkena banjir dan longsor.

Hal ini dilakukan bupati untuk melihat dan memastikan secara langsung keadaan warga yang terdampak banjir dan longsor.

Didampingi Sekda Rudy Repenaldi Rilis dan Kepala OPD terkait, Bupati Suhatri Bur memantau 15 titik bencana di 5 kecamatan hingga dini hari. Diantaranya di Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Ulakan, Kecamatan Batang Anai, Lubuk Alung, dan titik bencana longsor di Kecamatan VII Koto.

Dalam kunjungannya itu, bupati melakukan komunikasi langsung dengan warga yang terdampak bencana.

Pada kesempatan itu, Suhatri Bur yang juga Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini, menyampaikan rasa empati yang dalam. Dia mengajak warga untuk tetap bersabar, dan meningkatkan rasa tawakal kepada Allah. 

Pesannya, bahwa setiap bencana yang terjadi adalah atas kehendak yang maha kuasa. Namun dia mengingatkan, agar warga tetap hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan untuk segala kemungkinan yang terjadi. 

"Insya Allah setiap bencana itu ada hikmah yang bisa menjadi pelajaran dan teguran kepada kita semua. Mari kita sama berdoa, untuk bencana ini cepat berakhir dan masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya memotivasi, saat kunjungan ke beberapa titik pengungsian sementara di beberapa titik bencana, Selasa (24/1) dini hari. 

Bupati Suhatri Bur juga memberi bantuan seadanya untuk warga yang terdampak banjir dan longsor tersebut. Bupati membagikan nasi bungkus serta kebutuhan selimut yang diserahkan langsung kepada korban bencana, dan beberapa kebutuhan lainnya yang mendesak dibutuhkan korban saat itu.

Untuk penanganan lebih lanjut, Bupati Suhatri Bur menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk mengambil peran masing-masing. Dia berharap, korban yang terdampak bencana tidak boleh dibiarkan berlama-lama di tempat pengungsian. Karena akan menambah bencana berikutnya seperti penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. 

Di samping peran BPBD terus ditingkatkan, beberapa OPD langsung menindaklanjuti instruksi tersebut. Dinas Sosial P3A langsung mendirikan dapur umum di beberapa titik dan Dinas Kesehatan mendirikan Posko Kesehatan untuk melayani pemeriksaan para korban yang terdampak bencana.

Demikian juga Dinas PUPR, mengerahkan beberapa unit alat untuk melakukan evakuasi dan sejenisnya.

"Untuk memastikan masyarakat tetap dalam kondisi sehat, Semua daerah yang terkena bencana harus dicek kesehatan seluruh warganya," ungkap Suhatri Bur menegaskan. 

Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) El Abdes Marsyam, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinudin, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Helmi. Terlihat juga ikut mendampingi camat dan wali nagari setempat.

(MWC/Al/Can)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv