06 Juli 2022

Songsong 2024, Pemuda Ajak Sumatera Satukan Kekuatan



MEDAN, (GemaMedianet.com| Banyak tokoh asal Pulau Sumatera yang punya andil besar sejak perjuangan kemerdekaan. Bahkan di awal Indonesia merdeka, tokoh-tokoh Sumatera telah banyak berperan mengisi kepemimpinan nasional.

Demikian disampaikan Tokoh Pemuda Sumatera Utara, Samsir Pohan, Senin (4/7/2022).

Berbicara dalam sebuah diskusi terbatas bertajuk Jelang Tahun Politik 2024 di Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Samsir menekankan, bahwa Sumatera memiliki posisi yang kuat dalam setiap arah pembangunan bangsa.

"Era perjuangan kemerdekaan kita punya banyak tokoh mulai dari Aceh hingga Lampung. Di awal kemerdekaan, bahkan Mohammad Hatta mengisi posisi Wakil Presiden mendampingi Bung Karno," urai Samsir.

Untuk itu, Samsir menilai bahwa tokoh Sumatera sangat penting untuk menduduki posisi strategis dalam kepemimpinan nasional pada 2024 mendatang. Baik itu Presiden, Wakil Presiden maupun menteri-menteri yang membantu kepemimpinan nasional.

"Secara kualitas, tokoh-tokoh Sumatera dalam rekam jejaknya memiliki kualitas; baik kapasitas maupun integritas," ujar Ketua DPD KNPI Sumut tersebut.

Di sisi lain, hal yang perlu diketahui bahwa Sumatera merupakan pulau terbesar ke-enam di dunia.

Jumlah penduduk Sumatera mewakili sekira 24 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Sumber daya alam Sumatera juga bagian penting dari penopang pemasukan keuangan negara. Perkebunan seperti kelapa sawit, tambang mineral dan sumberdaya energi lain melimpah di Sumatera.

"Maka, wajar jika Sumatera merupakan repesentasi dominan selain Pulau Jawa menjadi bagian penting dalam kepemimpinan nasional," kata Samsir.

Secara geografis dan geopolitik,  sebutnya, Sumatera juga memegang peranan penting. Keberadaan Selat Malaka merupakan wilayah strategis dari dulu hingga kini. Kota-kota besar yang ada di Sumatera memiliki peran strategis sebagai pusat perdagangan.

"Sumatera ini kaya dan potensial sekali, kita harus jaga dan kelola. Laut Cina Selatan yang selalu diperebutkan dan diklaim negara tetangga jangan sampai lepas," tegasnya.

Untuk itu, Samsir mengajak pemuda di Sumatera Utara, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Lampung untuk bersatu menyatukan persepsi menyongsong Pemilu 2024.

"Pemuda Sumatera bersatu menata kepemimpinan nasional yang lebih baik, berkeadilan dan representatif," tegas Samsir.

Dia mengimbau, para elit dan tokoh asal Sumatera harus bersiap diri menjelang 2024.

"Tokoh dan para elit asal Sumatera jangan malu-malu untuk mengisi posisi kepemimpinan nasional. Kita yakin Sumatera bisa," pungkas Samsir.

(pr)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan