16 Juli 2022

Rembuk Stunting di Kantor Desa Air Santok Dihadiri Bhabinkamtibmas




PARIAMAN, (GemaMedianet.com| Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Polres Pariaman Bripka Defri Ade Maulana menghadiri giat musyawarah rembuk stunting di Kantor Desa Air Santok, Rabu (13/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 10.50 WIB tersebut dihadiri kepala desa (Kades), Bidan desa, dinas kesehatan, beserta kader posyandu.

Seperti diketahui, Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, serta merupakan amanat pemerintah terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.
 
Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak.

Gangguan itu seperti tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.serta himbauan tetap memperhatikan kesehatan anak  dan ibunya.

Oleh karena pentingnya Rembuk Stunting itu, bhabinkamtibmas berkesempatan hadir. Selain terjalinnya silaturahmi yang baik dengan masyarakat, kehadiran bhabin itu juga agar tercapainya kondusifitas keamanan di tengah masyarakat.

Terakhir dikatakannya, di tengah berjangkitnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), bhabin berharap pemilik hewan ternak mewaspadai ciri-ciri PMK guna mencegah penyebarannya.

"Tanda-tanda klinis yang menyerang hewan tersebut antara lain demam tinggi, mulut, lidah dan bantalan gigi langit-langit lunak, serta dari lubang hidung dan moncong mengeluarkan cairan dan air liur yang berlebih. Sedangkan pada bagian kaki terjadi lesi atau lepuh, kuku terkelupas dan enggan bergerak, produksi asi berkurang dan radang pada ambing," terangnya.

Hingga berakhirnya kegiatan tersebut situasi berjalan dalam keadaan aman dan terkendali.

(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan