01 Juni 2022

Irwan Basir Dt Rajo Alam Diskusi Nagari Dengan Tomas Durian Tarung



PADANG, (GemaMedianet.com) |  Dinamika perkembangan masyarakat yang saat ini semakin maju dan heterogen, tentu harus disikapi secara bijaksana dengan kearifan lokal yang dimiliki. 

Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, Kecamatan Kuranji yang juga dikenal dengan Nagari Pauh IX juga tak luput dari dinamika tersebut. Banyaknya komplek perumahan yang berdiri di Kecamatan Kuranji adalah salah satu faktor pertambahan penduduk di wilayah kecamatan ini.

"Kecamatan Kuranji sekarang sangat heterogen. Sudah banyak saudara kita dari daerah lain yang menetap di sini serta menjadi warga di sini, dan sudah berbaur dengan masyarakat kita. Ini salah satu dinamika perkembangan penduduk  yang tidak dapat kita tolak," kata Irwan Basir dalam temu ramah dan silaturahim bersama tokoh-tokoh masyarakat (Tomas) di Durian Tarung Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu (29/5/2022).

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, Kuranji selaku nagari yang berada dalam perkotaan, yakni Kecamatan Kuranji secara administrasi tentu berada dalam Pemerintah Daerah Kota Padang. Kemudian sebagai nagari, Kecamatan Kuranji adalah nagari Pauh IX yang punya nilai-nilai adat dan tradisi budaya dengan kearifan lokal yang dimilikinya.

Dia menyebut, Kecamatan Kuranji atau nagari Pauh IX banyak memiliki tokoh-tokoh yang sudah berkiprah baik di tingkat kota, propinsi maupun tingkat nasional. 

"Kuranji tidak kalah dari daerah lain. Kita banyak memiliki SDM unggul di berbagai bidang. Sudah banyak tokoh-tokoh dari Kuranji yang berkiprah bahkan sampai ke tingkat Nasional. Ini suatu kebanggaan bagi kita, dan harus tetap dipertahankan serta dikaderkan agar ada generasi sekarang yang mengikuti jejak pendahulunya," ujar Irwan Basir.

Senada dengan Irwan Basir,  Zaharman salah seorang tokoh masyarakat juga mengharapkan agar tokoh dari Kuranji tetap bisa berbicara di tingkat Kota Padang atau propinsi. Mantan anggota DPRD Kota Padang dua periode ini juga optimis akan selalu ada tokoh dari Kuranji yang mengikuti jejak pendahulunya.

Acara silaturahim yang dikemas dalam diskusi santai tentang masalah nagari ini berlangsung dalam suasana keakraban. 

Di kesempatan itu Irwan Basir juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid yang diterima oleh Ujang Lolit mewakili pengurus Masjid Raya Durian Tarung. 


#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR