23 Mei 2022

Hitungan Jam Api Padam, Irwan Basir Langsung Tinjau Rumah Warga di Kampung Baru Sungai Sapih


PADANG, (GemaMedianet.com) | Hanya tiga jam berselang api dipadamkan oleh petugas dinas pemadam kebakaran, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt  Rajo Alam, SH, MM langsung meninjau kebakaran rumah warga yang terjadi di Kampung Baru Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu (22/5/2022) siang.

Irwan Basir yang didampingi oleh Wakil Sekretaris DPD LPM Kota Padang Martias Sarjanny, SE, disambut oleh Camat Kuranji beserta jajaran, Lurah Sungai Sapih serta ketua RW setempat di lokasi dan langsung melihat kondisi rumah warga yang terbakar.

Berdasarkan laporan Ketua RW Erizal bahwa kebakaran ini terjadi menjelang pukul 12.00 WIB dan menghanguskan 3 unit rumah yang ditempati 4 KK. Salah satu unit rumah tersebut ludes dilalap Sijago Merah. Dari musibah kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa dan hanya kerugian harta benda.

Di kesempatan itu Irwan Basir Dt. Rajo Alam mengatakan, kalau kebakaran ini adalah suatu musibah yang bisa saja terjadi kepada siapa saja. Kondisi cuaca Kota Padang belakangan ini dengan suhu panas yang cukup menyengat, hendaknya menambah kewaspadaan warga Termasuk kehati-hatian dalam penggunaan alat memasak menggunakan kompor atau listrik.

"Saya sangat prihatin dengan musibah kebakaran ini. Dan untuk itu atas nama pengurus DPD LPM Kota Padang, saya menyampaikan turut berduka dengan musibah yang menimpa saudara kita di sini. Musibah ini hendaknya menjadikan kita lebih meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian," ungkap tokoh masyarakat Kuranji ini.

Lebih lanjut Irwan Basir, untuk meminimalisir atau menghindari terjadinya kebakaran, dia menghimbau agar masyasaat meninggalkan rumah dan berpergian terlebih dahulu memastikan kompor betul-betul sudah dimatikan dan alat-alat listrik sudah dicabut dari kontaknya.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi umumnya akibat kelalaian, terutama saat berpergian terkadang lupa mematikan kompor atau mencabut alat-alat listrik dari kontaknya.

Dia menghimbau, ke depan pastikan terlebih dahulu rumah dalam keadaan aman dari faktor-faktor yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran. Periksa seluruhnya dan pastikan semua alat-alat listrik sudah dimatikan.

"Hanya dengan meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian inilah musibah kebakaran bisa kita hindari," tambah pria yang juga Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat ini.

Mengakhiri kunjungannya, Irwan Basir tak lupa menyerahkan bantuan uang tunai untuk korban kebakaran yang diterima langsung oleh Camat Kuranji Yandra. Bantuan uang tunai juga diberikan oleh Eka Putra Buhari yang hadir mendampingi Irwan Basir. Eka baru saja melakukan serah terima jabatan Camat Kuranji kepada Yandra sebagai camat yang baru.

Salah seorang korban musibah kebakaran itu, yakni Deni (Baba) mantan Kepala Seksi Trantib Kecamatan Kuranji yang sekarang bertugas di Satpol PP Padang.

Pantauan di lapangan, musibah kebakaran itu telah ditindaklanjuti Dinas Sosial Kota Padang dengan mendatangkan bantuan seperti mendirikan dua tenda darurat serta bantuan sandang untuk korban kebakaran tersebut.

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan