07 Mei 2022

Bupati Benny Utama Buka LusiFest 2022 di Pelataran Timur Gelora Tuanku Imam Bonjol



PASAMAN, (GemaMedianet.com| Benny Utama membuka  Lubuksikaping Festival (LusiFest) tahun 2022 di Pelataran Timur Gelora Tuanku Imam Bonjol, Lubuksikaping, Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan LuSiFest 2022 tersebut menampilkan kesenian anak nagari, kuliner khas nagari yang ada di Lubuksikaping, lomba memasak ikan air tawar dan pameran UMKM mulai tanggal 7-10 Mei 2022 di Pelataran Timur Gelora Tuangku Imam Bonjol dan Surau Tuo Nagari Jambak.

Bupati Pasaman dalam sambutannya menyampaikan bahwa festival ini memiliki peran penting untuk mengkampanyekan pelestarian budaya serta pelestarian lingkungan demi pembangunan pariwisata berkelanjutan.

"Dengan festival ini ada dampak positif bagi lestarinya seni budaya. Serta berkembangnya usaha-usaha produk kuliner lokal, dan kemajuan sektor pariwisata," ujarnya.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. Selain mendukung pelestarian seni budaya, ini juga dapat menjadi agenda wisata yang dapat menarik wisatawan lokal maupun asing tutupnya.

Sementara itu, Camat Lubuksikaping, Nina Darmayanti, S STP mengatakan saat diwawancara awak media, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perantau dalam liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Ia juga menambahkan, dalam rangkaian kegiatan LuSiFest, pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan seni budaya anak nagari, kuliner khas daerah Kecamatan Lubuksikaping, bazar UMKM dan lomba memasak ikan air tawar yang diselenggarakan FORIKAN Kabupaten Pasaman.

Nina Darmayanti juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang pada generasi muda untuk menampilkan nilai-nilai budaya Kabupaten Pasaman yang telah ditanamkan oleh para leluhur.

Terakhir, Camat Lubuksikaping berharap dengan pelaksanaan   LusiFest 2022 ini akan menjadi motivasi untuk generasi muda untuk melestarikan seni budaya anak nagari dan menampilkan bakat-bakat yang terpendam.

Setelah pelaksanaan pembukaan LuSiFest dilaksanakan lomba memasak ikan air tawar dan dinilai oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Susi Benny Utama.

Pemenang memasak ikan air tawar antar nagari se Kecamatan Lubuksikaping, juara I Nagari Jambak, juara II Nagari Tanjung Beringin, juara III Nagari Sundata, juara Harapan I Nagari Aia Manggih, juara Harapan II Nagari Pauh dan Harapan III Nagari Durian Tinggi. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan