20 Februari 2022

Singgah-singgah Juga lah di Masjid Jami' Nurul Huda Agak Sekali



Laporan : Ampera Salim Patimarajo

(GemaMedianet.com) | Jika berjalan malam hari dari Padang menuju Batusangkar. Setelah melewati jembatan kembar Lembah Anai, tiba tiba terlihat lampu jalan hidup. Berarti kita sudah masuk wilayah Kota Padang Panjang.

Dari situ, jalan menanjak tinggi, meliuk liuk tajam ke kiri ke  kanan. Tapi tidak lama akan  sampai di puncak. Setelah itu,  jalan sudah lurus, mendaki landai. Nanti di sebelah kiri, kita temui Masjid Jami' Nurul Huda yang buka 24 jam.

Masjid ini menyediakan air hangat, kopi, teh dan makanan ringan untuk tamu yang datang. Jika terlalu letih untuk melanjutkan perjalanan, boleh istirahat di masjid ini. Tempatnya disediakan untuk santai. Parkirnya luas dijaga Satpam. Jika ingin menginap, ada kamar semi hotel.

"Semua fasilitas itu gratis. Tidak bayar," kata Buya Sehabudin ketua pengurus masjid.

Menurutnya, ada 10 jenis sarana pelayanan Masjid Jami' Nurul Huda, yang berada di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Dari 10 layanan yang ada, lima diantaranya telah diresmikan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Jum'at, (18/2), yaitu Gedung MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah). Layanan masjid buka 24 jam. Persaudaraan penyelenggaraan jenazah. Lembaga Ziswaf  (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf). Pelayanan minuman gratis untuk musafir di Palanta Ukhuwah.

Kata pengurus, lima fasilitas lainnya  tempat berwudhuk, kantor pengurus masjid, penginapan nurul huda, buletin nurul huda, sedekah Jum'at dan pelayanan perpustakaan masjid, nanti menyusul diresmikan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano.

Mahyeldi memuji 10 sarana pelayanan di Masjid Jami' Nurul Huda ini. "Sarana dan pelayanan yang baik di masjid, akan membuat jamaah betah dan senang. Ini juga bisa menciptakan wisata religius," kata Mahyeldi.

Dia juga berharap, semoga apa yang sudah dilakukan pengurus Masjid Jami' Nurul Huda, bisa menjadi contoh bagi masjid lainnya.

Mahyeldi, menekankan, yang perlu sekali diperhatikan setiap pengurus masjid, adalah kebersihan tempat bersuci dan tempat wudhuk. Itu benar benar dijaga di Nurul Huda.

Saat ini Masjid Jami' Nurul Huda tercatat sebagai masjid terbersih di Padang Panjang dan juara tiga bersih di Sumatera Barat.

Kebersihan WC dan tempat wudhuk di masjid ini, tidak diragukan lagi. Airnya mengalir, petugas sedia setiap saat. Begitu jamaah siap memakai WC, petugas langsung membersihkan kembali. Sehingga tidak ada bau yang mengganggu.

Begitu juga di dalam masjid. Karpetnya tebal dan wangi. Membuat kita betah berlama lama di dalam masji ini. Apalagi jika Shalat Magrib, Isya dan Shubuh. Suara dan bacaan imamnya sangat bagus sekali. Mirip suara Imam Sudais di Masjidilharam.

Penasaran Bro? Cobalah singgah di Masjid Jami'  Nurul Huda ini agak sekali... 

*) Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR