07 Juni 2021

Setelah 20 Tahun, Jalan Lingkar dan Tembus Kelok - Pasa Lalang Mulai Terwujudkan di BBGRM Kuranji



PADANG, (GemaMedianet.com| Setelah hampir 20 tahun lamanya masyarakat Kelok Kuranji yang mendambakan terwujudnya sebuah jalan lingkar dan tembus menuju Pasa Lalang, akhirnya terwujudkan pada pelaksanaan Manunggal Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di tahun 2021.

Tak tanggung-tanggung dukungan dari swadaya masyarakat terhadap BBGRM Kuranji itu terkumpul hingga mencapai Rp1,3 Miliar. Sementara Pemerintah Kota Padang hanya menggelontorkan anggaran bagi setiap kelurahan sebesar Rp35 juta.

Mendapati hal itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku sangat gembira dan menyambut baik atas adanya upaya pembukaan jalan lingkar baru melalui BBGRM Tahun 2021 yang menghubungkan antara dua daerah yakni Kelok - Pasa Lalang di Kecamatan Kuranji.

Wali Kota mengatakan, seperti diketahui, sejatinya lewat Manunggal BBGRM yang diadakan tiap tahunnya yaitu bertujuan untuk dapat membantu dan mempercepat pembangunan dan pengembangan daerah di setiap kelurahan di Kota Padang.

"Kita sangat mengapresiasi pelaksanaan Manunggal BBGRM di daerah Kelok ini. Masyarakatnya cukup aktif dan bahkan ada masyarakat yang rela  menghibahkan tanahnya untuk dijadikan jalan," ucap Wako kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan sekaligus penutupan Manunggal BBGRM di Kelok Kelurahan Kuranji, Minggu (6/6/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini tengah dibuat jalan dari Kelok menuju Pasa Lalang sepanjang lebih kurang 4,5 km disertai beberapa jembatan.

Hendri Septa mengatakan, dengan telah dibukanya jalan Kelok menuju Pasa Lalang ini telah menandakan antara pemerintah dan masyarakat saling mendukung terhadap pembangunan dan kemajuan.

Dia mencontohkan, untuk pelaksanaan Manunggal BBGRM, Pemko Padang hanya menggelontorkan anggaran bagi setiap kelurahan sebesar Rp35 juta.  Akan tetapi atas adanya dukungan swadaya dan partisipasi masyarakat, maka anggaran pun bertambah malah sangat besar.

"Seperti Manunggal di Kelok Kuranji ini, dukungan dari swadaya masyarakat tak tanggung-tanggung. Malah terkumpul mencapai Rp1,3 miliar. Jadi, ini membuktikan bahwa semangat masyarakat Kelok Kuranji menginginkan daerahnya maju sangat tinggi. Seluruh elemen dan masyarakat setempat juga sangat antusias. Semangat seperti inilah yang kita inginkan," ungkap wako.

Lebih lanjut wako menjelaskan, pada dasarnya Manunggal BBGRM lebih mengarah terhadap pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan sarana-prasarana yang penting bagi masyarakat. Sehingga mampu memenuhi, dan menjawab kebutuhan langsung masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Manunggal BBGRM yang berjalan sangat baik di 104 kelurahan. Semoga kebersamaan dan semangat gotong-royong ini senantiasa terjaga dengan baik," harap wako mengakhiri.

Sementara itu Kamarudin salah seorang Ninik Mamak Kuranji mengatakan, hampir 20 tahun lamanya masyarakat Kelok mendambakan terwujudnya sebuah jalan lingkar dan tembus menuju Pasa Lalang.

"Alhamdulillah, berkat adanya Manunggal BBGRM ini jalan yang didambakan oleh masyarakat Kelok sudah terwujud. Kita juga berharap Pemerintah Kota Padang dapat membantu menuntaskan pekerjaan jalan ini sampai selesai," tutur Kamarudin.

Di tempat yang sama, Ketua DPD LPM Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengaku, masyarakat Kelok akan siap membantu dengan ikhlas.

"Bagi kita, demi kemajuan daerah apapun insya Allah akan kita korbankan. Tidak saja tanah yang  telah dihibahkan, pepohonan pun kami relakan untuk ditebang," ungkap Irwan Basyir

Turut hadir di kesempatan itu Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi. Z Latif, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis, Kabag Hukum Yopi Krislova, dan Camat Kuranji Eka Putera Buhari. (Prokompim)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan