20 Mei 2021

Berhasil Jalankan "Program 6" Kapolri, Ditreskrimum Polda Sumut Peringkat Empat Penyelesaian Laporan Se Indonesia



MEDAN, (GemaMedianet.com— Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) telah mencapai target dalam menjalankan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, khususnya program 6 tentang peningkatan kinerja penegakan hukum.

Atas pencapaian target tersebut, Ditreskrimum Polda Sumut meraih peringkat empat dari seluruh Polda se Indonesia dalam penyelesaian laporan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak melalui Direktur Ditreskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja menyebutkan, pihaknya telah menindaklanjuti program 100 hari kerja Kapolri. Salah satu yang ditindaklanjuti adalah program 6, yakni proses penegakan hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat.

“Program 6 yaitu peningkatan kinerja penegakan hukum,” sebut Tatan, Minggu (16/5/2021).

Tatan menyebutkan, dalam menjalankan program ini ada beberapa indikator mulai dari mengedepankan hukum progresif dalam menyelesaikan perkara melalui restoratif justice yang tidak melihat aspek kepastian hukum, namun pada kemanfaatan dan keadilan.

“Meningkatkan penegakan hukum kejahatan jalanan (street crime) yang meresahkan masyarakat. Ini yang menjadi prioritas kita dalam menindaklanjuti program Kapolri,” tegas Tatan.

Dalam pelaksanaan street crime, sebut mantan Kabid Humas Polda Sumut itu, Ditreskrimum Polda Sumut beserta Satuan Reskrim Polres sejajaran, telah mencapai target.

“Kita bersama Reskrim jajaran telah menjalankan program ini,” kata Tatan.

Kemudian lanjut dia, pihaknya juga telah menyelesaikan tiga laporan persoalan tanah.

“Sudah kita penuhi beberapa kasus tanah, diantaranya sport centre,” jelas Tatan.

Mantan Wakapolrestabes Medan itu menambahkan, indikator selanjutnya memberikan kepastian hukum dan menghindari penyidikan yang berlarut-larut secara transaksional.

“Meningkatkan kerja sama criminal justice dan aparat penegak hukum lainnya (Join Investigation) tukar menukar informasi, gelar perkara dan dukungan sarana prasarana,” sebutnya lagi.

Lebih lanjut Tatan, penegakan hukum yang berorientasi kepada gender dan kelompok rentan, sudah selesaikan 12 laporan.

“Dalam menjalankan program 6 kegiatan 23, Direktorat Reskrim umum Polda Sumut peringkat 4 dalam menyelesaikan laporan dari jajaran Polda se-Indonesia,” sebutnya.

Dirreskrimum Polda Sumut itu menambahkan, seluruh program ini dijalankan mulai Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri. 

(Leodepari)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan