01 April 2021

Kali Ini Tapsel dan Madina, Awal April Giliran Sibolga, Tapteng dan Batubara Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis BKB



MADINA (GemaMedianet.com Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumatera Utara (Sumut) kembali melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan gratis di daerah. Kali ini, BKB Sumut melayani masyarakat di Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Mandailingnatal (Madina). 

Di Kecamatan Sayurmatinggi, Tapsel, Jumat (26/3), BKB mengoperasi bibir sumbing satu orang, sunatan massal sebanyak 74 orang, dan melakukan pengobatan spesialis penyakit dalam dan anak sebanyak 80 orang.

Kemudian, di  Panyabungan, Madina, Sabtu (27/3), BKB mengoperasi bibir sumbing sembilan anak, sunatan massal 60 orang, pengobatan spesialis penyakit dalam 61 orang. BKB juga mengadakan penyuluhan kesehatan di kedua lokasi tersebut. Kegiatan ini dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution.

"Kegiatan pelayanan kesehatan bergerak di Tapsel dan Madina sejauh ini berjalan baik dan lancar, selanjutnya kita akan bergerak ke kabupaten/kota lain melakukan kegiatan yang serupa," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) BKB Sumut Harry Yusmanadi di Bagas Godang Pemkab Madina, Jalan Sabar Purba, Panyabungan, Madina, Sabtu (27/3).

Setelah melakukan pelayanan kesehatan bergerak di Tapsel dan Madina, pada awal April 2021 nanti, Tim BKB akan bergerak menuju Tapanuli Tengah (Tapteng) 1 April, Sibolga  2-3 April, Batubara  8 April dan Asahan 10 April. Pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan pun sama, antara lain operasi bibir sumbing, sunatan  massal, pengobatan penyakit dan lain sebagainya.

BKB Sumut merupakan program yang diluncurkan Gubernur Edy Rahmayadi beberapa tahun lalu. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menganggarkan program tersebut mulai dari pelayanan kesehatan hingga pengadaan bus atau mobil operasi lapangan. Sehingga masyarakat tidak dipungut biaya, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut.

Diketahui, BKB memiliki tiga mobil operasi lapangan yang bisa dibawa hingga ke pelosok daerah di Sumut. Mobil Operasi Lapangan adalah bus yang dilengkapi berbagai peralatan medis, yang memungkinkan untuk dilakukan tindakan medis seperti operasi bedah dan tindakan medis lainnya. Karena itu, Mobil Operasi Lapangan ini juga sering disebut sebagai ‘Rumah Sakit Berjalan’.

Mobil operasi lapangan bertujuan untuk menjangkau masyarakat di daerah terjauh dengan pelayanan  kesehatan gratis. 

"Ini merupakan salah satu misi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yaitu mewujudkan kesehatan yang prima di Provinsi Sumut maka perlu dilakukan pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas, " ujar Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar. (infosumut) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan