21 Januari 2021

Komisi III DPR RI Setujui Penunjukan Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri


JAKARTA (GemaMedianet.com)  Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang membidangi hukum, hak asasi manusia dan keamanan akhirnya menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri.

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry menyampaikan bahwa setelah melakukan uji kelayakan atau fit and proper test, serta mendengarkan pendapat akhir dari semua fraksi-fraksi, Komisi III DPR RI memutuskan secara mufakat menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai calon Kapolri.

"Dengan demikian, berdasarkan pertimbangan dan catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi. Akhirnya pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," kata Herman dalam keputusan hasil uji kelayakan calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Ketua Komisi III juga mengatakan, bahwa hasil keputusan fit and proper test ini akan dibawa dalam rapat paripurna DPR RI terdekat, dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Selanjutnya akan ditetapkan melalui rapat paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses susuai dengan aturan perundang-undangan," sebut legislator PDI Perjuangan itu.

Dalam agenda rapat dengar pendapat (RDP) tersebut seluruh fraksi memberikan persetujuannya, dan tiga fraksi memberikan catatan. Ketiga fraksi tersebut, yakni Fraksi PAN, Fraksi PKS dan Fraksi Partai Demokrat.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPR RI telah menerima surat presiden (Supres) atas nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, pada Rabu (13/1) yang diterima langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Supres bernomor : R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sekertaris Negara (MensekNeg) Pratikno. (*)


#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan