21 November 2020

Kontribusi LPM Jadi Perhatian Masyarakat, Irwan Basir Pimpin Konsolidasi LPM se-Kota Padang



PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka penguatan eksistensi organisasi lyang terus dirasakan kehadirannya di tengah masyarakat terutama di masa pandemi COVID-19 yang masih terus melanda, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang menggelar konsolidasi bersama DPC LPM se-Kota Padang. 

Rapat konsolidasi bersama 11 Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LPM se-Kota Padang itu dipimpin langsung Ketua DPD LPM Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, Sabtu (21/11/2020). 

Dalam sambutannya, Irwan Basir menyampaikan bahwa DPC LPM se Kota Padang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan menjalankan fungsinya sebagai pemberdayaan kemasyarakatan sekaligus juga kemitraan dengan pemerintah.

Mengingat fungsi itu, maka DPD LPM tidak boleh tidur, dan tidak hanya sekedar berisi daftar nama dalam kepengurusan. DPD LPM harus menunjukan eksistensi dan  saling sinergi. 

"Untuk itu lah konsolidasi merupakan salah satu cara menyatukan pemikiran dan berkontribusi," ujarnya.

Oleh sebab itu, Irwan Basir mengajak seluruh pengurus, baik di kecamatan maupun kelurahan untuk terus saling bersinergi, saling memberikan kontribusi, kompak dan merangkul sehingga DPD LPM menjadi besar serta  dipandang baik oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan masyarakat.

"Dengan adanya perhatian dan kepedulian seluruh Ketua DPC LPM di 11 kecamatan yang mau dan keterbukaan dalam hal apapun, sehingga kinerja dan kehadiran LPM dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan," ujar Irwan Basir.

Meski demikian, lanjut Irwan Basir, LPM bukan bawahan pemerintah, akan tetapi LPM merupakan mitra kerjasama dengan pemko atau pemerintah. 

Selain itu, Irwan Basir berharap pemerintah jangan anti dengan LPM, akan tetapi sebaliknya memberikan dukungan dan saling bekerjasama guna membantu program-program pemerintahan.

Pergerakan selama ini sudah hampir satu tahun fakum, karena kondisi pandemi COVID-19 yang menjadi pemisah. Kondisi itu juga berdampak pada sektor ekonomi, yang ditandai tuntutan kehidupan dan perekonomiam masyarakat yang porak poranda. Dan di sini lah tugas dan peran LPM mampu menjadi penawar di tengah masyarakat.

"Alhamdulillah, sejauh ini kita terus bergerak, meskipun di tengah masa pandemi. Apalagi, kehadiran LPM sangat dibutuhkan. Buktinya, jelang Idul Fitri kemarin warga antusias ketika LPM memberikan santunan kepada anak yatim se-Kota Padang, baik sembako maupun sedikit uang lauk pauk," tuturnya.

Untuk itu Irwan Basir sangat mengharapkan sekali LPM tingkat kelurahan dapat berkoordinasi dengan DPC LPM Kecamatan untuk peka terhadap permasalahan kemasyarakatan, terutama permasalahan dasar baik dalam keadaan normatif maupun emergency.

Dalam hal ini masyarakat akan menjadikan LPM sebagai tempat solusi terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Irwan Basir mencontohkan banyaknya bantuan-bantuan yang kurang tepat sasaran, dan perlu mendapat perhatian dalam indikator sekala prioritas baik fisik maupun non fisik.

"Alhamdulillah, setelah DPD LPM Kota Padang dilantik, kita konsisten berbuat dan memberikan serta sedikit meringankan beban masyarakat di Kota Padang meskipun tidak ada perhatian pemerintah terhadap LPM sendiri," kata Irwan.

Irwan Basir juga menyampaikan, saat sekarang di masa pandemi masih banyak masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 masih belum mendapatkan perhatian. Untuk itu, diminta kepada DPC LPM maupun LPM tingkat kelurahan agar proaktif memantau dan melihat masyarakat  Kota Padang yang terdampak COVID-19.

"Jika bisa dan patut dibantu, ya kita bantu, pungkasnya. (dp/hr1) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR