20 October 2020

Spirit Kegotongroyongan dan Kebersamaan Pemersatu Hadapi Musibah Bencana


(Gema
Medianet.com
) — Di dalam setiap sistem kehidupan sosial masyarakat, dimana pun di nusantara ini niscaya selalu ditemukan nilai-nilai luhur tentang kemanusiaan, baik itu tertulis maupun yang sudah melembaga dalam bentuk kebiasaan yang secara turun- temurun dijalankan oleh masyarakat. 

Suasana kehidupan sosial kental dengan nilai-nilai kegotong royongan, dan semangat kebersamaan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup dan kepentingan bersama. 

Sebuah pepatah yang sangat populer dalam hal ini, adalah “Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.”

Apalagi yang berhubungan dengan musibah atau bencana, tanpa dikomando secara sukarela mereka akan melibatkan diri dalam membantu. Nilai-nilai dan spirit kemanusiaan ini telah menyatu dan menjadi identitas dan karakter anak bangsa.

Karakter kepribadian manusia terbentuk oleh berbagai faktor pengalaman hidup yang dilalui, seperti pendidikan, kebiasaan dalam keluarga dan masyarakat, ajaran agama dan adat yang diterima.

Di dalam adat Minang misalnya, banyak sekali ditemukan ajaran-ajaran kebaikan untuk kehidupan sosial masyarakat yang tertuang dalam bentuk bidal-bidal adat, dan selalu menjadi pesan dan kata-kata bertuah yang disebut dalam acara-acara adat yang berhubungan dengan masalah kemanusiaan. (*) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR