28 October 2020

Anggota DPR RI Komisi VIII Delmeria Sikumbang Beri Perhatian Pada Kesenian Pesisir Sikambang


SIBOLGA, 
(GemaMedianet.com
)  Karang Taruna Kota Sibolga menggelar Pentas Seni Sikambang, yang merupakan kegiatan Kearifan Lokal Kemensos RI, di Boga Coffee Resto Pantai Ujung Sibolga, Minggu (18/10/20) malam 

Kegiatan ini merupakan aspirasi dari Dra. Hj. Delmeria Sikumbang, selaku Anggota DPR RI Komisi VIII asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sibolga.

"Jika tidak ada Ibunda Delmeria di DPR-RI, bukan melangkahi kuasa Tuhan, tidak mungkin Karang Taruna Kota Sibolga mendapatkan ini,” ujar Ketua Karang Taruna Kota Sibolga Denni Aprilsyah Lubis, ST, M.Kom dalam laporannya.

Denni menyebutkan, bahwa seluruh alat musik Sikambang, pakaian, aksesoris pemain musik Sikambang dan penari yang tampil berjumlah 15 orang, bahkan hingga biaya acara, seluruhnya merupakan bantuan Kemensos RI hasil dari aspirasi Delmeria Sikumbang.

Tidak sampai di situ, dalam waktu dekat akan dimulai Pembangunan Gedung Keserasian Sosial Karang Taruna Kota Sibolga berlokasi di objek wisata Bukit Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota bantuan dari Kemensos RI, yang juga merupakan aspirasi Delmeria Sikumbang.

"Ini bukti nyata Ibunda Delmeria memperhatikan dan berbuat bagi generasi muda di Dapilnya. Jangankan bersaksi dihadapan masyarakat, dihadapan Tuhan pun kami siap bersaksi, bahwa ini adalah benar, karena kami sendiri yang mengalaminya,” tegas Denni sebelum menutup laporannya

Sementara, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM yang hadir dan terlihat sangat menikmati sajian Pagelaran Seni Sikambang, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap Karang Taruna Kota Sibolga

Menurut Syarfi, jika biasanya melihat pemain-pemain Sikambang umumnya adalah orangtua semua. Namun dalam pentas seni Sikambang kali ini justeru pemainnya berasal dari umur belasan tahun. 

"Saat ini kita lihat sendiri anak-anak muda usia belasan tahun yang juga merupakan binaan Karang Taruna, mahir memainkan alat-alat musik Sikambang. Artinya, regenerasi kearifan lokal kita telah dilaksanakan oleh Karang Taruna," ungkap wali kota dua periode ini. 

Untuk wali kota meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Dinas Pendidikan dan Parpora menindaklanjuti yang telah dilakukan oleh Karang Taruna. 

"Harapannya, agar muncul lagi bibit-bibit baru dalam Kesenian Sikambang,” ujar tegas Syarfi. 

Hadir dalam kegiatan ini, Tenaga Ahli Dra. Delmeria di DPR RI Sufriansyah Pasaribu, S.Pd, M.Pd, yang sekaligus berkesempatan menyerahkan plakat bantuan Kemensos RI Aspirasi Dra. Delmeria kepada Ketua Karang Taruna.  

Pentas Seni Sikambang ini juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, SH, M.AP, bahkan menyempatkan diri ikut menarikan Tari Selendang bersama para penari binaan Karang Taruna. 

Selain itu, terlihat hadir Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Bustanul Arifin, ST, MM, Kepala BKD Amarullah Gultom, SE, MM, Kepala Dinas PPKB Haslan Efendi, S.Sos, MUI Kota Sibolga, para Pengurus Karang Taruna kecamatan dan kelurahan, serta ratusan pengunjung yang menyaksikan pentas seni ini. (Kominfo)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR