28 Oktober 2020

Dinas Pangan dan Pertanian Targetkan 1500 Vaksinasi Rabies Gratis Bagi Hewan Peliharaan



PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com)  Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Dinas Pangan dan Pertanian setempat memberikan vaksinasi rabies secara gratis bagi masyarakat Kota Padang Panjang yang memelihara hewan kesayangan. 

Vaksinasi rabies ini merupakan salah satu tindakan pencegahan terhadap hewan peliharaan yang bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindungi hewan peliharaan terhadap beberapa penyakit tertentu terutama penyakit Rabies, rabies ini efeknya bisa berakibat fatal dan bisa mengakibatkan kematian. Berkaca dengan hal tersebut, maka sangat perlu kiranya dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan yang kita miliki.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Ade Nefrita Anas, SP saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang telah melakukan beberapa langkah-langkah dalam melakukan vaksinasi rabies. Diantaranya melakukan vaksinasi terhadap hewan kesayangan yang dibawa masyarakat ke klinik hewan yang ada di UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang.

Disamping itu, pihaknya juga telah turun ke kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang dengan membentuk posko-posko untuk menvaksinasi hewan kesayangan masyarakat.

"Kami juga mengunjungi rumah-rumah masyarakat yang memelihara hewan kesayangan untuk di vaksinasi Rabies," ungkap Ade kepada kominfo saat ditemui di Padang Panjang, Rabu (28/10/2020).

Adapun sasaran dari pelaksanaan vaksniasi ini, kata Ade adalah masyarakat Kota Padang Panjang yang memelihara hewan kesayangan berupa anjing, kucing dan kera.

"Vaksinasi massal Rabies ini diberikan secara cuma-cuma (gratis) kepada masyarakat Kota Padang Panjang," jelasnya.

Dalam program yang dibuat oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang untuk tahun 2020 ini, dimana vaksinasi Rabies ditargetkan sebanyak 1500 ekor Hewan Penular Rabies (HPR), sampai saat ini baru tercapai sekitar 1000 ekor HPR.

"Karena pada saat ini (bulan Oktober sampai November 2020) sedang berlangsung vaksinasi Rabies di Kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang Insya Allah target 1500 ini akan kami usahakan dapat tercapai," katanya.

Pencegahan penyakit rabies sendiri dapat dilakukan dengan menghindari kontaminasi air liur hewan liar, melakukan vaksinasi rabies pada anjing, kucing dan kera. Hindari hewan yang tidak jelas riwayat vaksin rabiesnya atau hewan liar. Tidak semua hewan yang terinfeksi virus ini seperti anjing gila. (Release Kominfo/Ki)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan