23 August 2020

Peresmian Sasaran Kampung Jambak, M Fikar Dt Rajo Magek : Momentum Kebangkitan Pewarisan Budaya


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek S.Ag, MM, M.Pd, sangat mengapresiasi momen peresmian Perguruan Silek Pauh "Sasaran Kampung Jambak" yang bertepatan di awal Tahun  Baru Islam, Muharram 1442 Hijriah.

"Ini waktu yang tepat, sekaligus menjadi momentum kebangkitan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak, Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang," ungkap M Fikar Datuk Rajo Magek saat didapuk memberikan sambutannya pada peresmian Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak, Sabtu (22/8/2020) malam.

Tokoh yang juga menjadi motivator Kampung Tangguh Delima Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji berharap, momentum ini menjadi awal yang baik sehingga Sasaran Kampung Jambak yang sudah lama pudar dan kini telah bangkit semakin dinikmati dan dicintai oleh masyarakat di Kota Padang, khususnya generasi muda di Nagari Pauh IX Kuranji.

Terlebih lagi, sebut M Fikar, Silek Pauh yang telah menjadi bagian budaya di Nagari Pauh IX Kuranji memiliki banyak nilai dan aspek dalam membentuk jati diri generasi muda sebagai pewaris budaya.

"Ada 4 aspek penting yang dikandung Silek Pauh, yakni  1.Pembentukan mental dan spritual, 2.Seni budaya yang menanamkan estetika dan tradisi, 3.Seni bela diri yang membentengi diri dan mengisi kegiatan positif sehari-hari 4.Bagian dari olahraga yang jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan Imun tubuh," ulas M Fikar.

Untuk itu ia mengajak seluruh komponen beserta tuo-tuo silek dan anak sasian untuk bersama-sama memajukan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak.

"Mari sama-sama kita mendorong dan memajukan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak, karena ini lah filosofis dari saciok bak ayam sadanciang bak basi," tukasnya. 

Senada, Ketua IPSI Kota Padang diwakili  Wakil Ketua Erman Jamal menyebutkan, peresmian Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak ini merupakan aplikasi acara urak balabek yang telah dilakukan sebelumnya dengan dilanjutkannya Sasaran Kampung Jambak. 

"Ini merupakan bagian silaturahmi dan bersama kita mewarisi dan mengembangkan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak," tukasnya.

Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak yang diresmikan oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, yang juga Ketua MPA  KAN Pauh IX Kuranji ini turut dihadiri Kapolsek Kuranji, Ninik Mamak, Ketua IPSI, Ketua FKAN Pauh IX Kuranji, tokoh masyarakat, agama, adat, tuo silek dan anak sasian.

Peresmian itu ditandai dengan pembukaan selubung Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak.

Di kesempatan itu Irwan Basir Datuk Rajo Alam berkesempatan memberikan bantuan langsung bagi pengembangan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak sebesar Rp2 Juta, disusul Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Datuk Rajo Magek sebanyak Rp1 Juta.
(UK1

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER