03 Juni 2020

Wagub Sumbar Kecewa, Fasilitas RSUD Siberut Selatan Minim dan Pembangunan Sempat Terhenti


MENTAWAI 
(GemaMedianet.com
) 
 
Sejumlah fasilitas rumah sakit di Kabupaten Kepulauan Mentawai, salah satunya RSUD Siberut ditinjau oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, Selasa (2/6/2020).

Sebagai salah satu RSUD yang disiapkan untuk penanganan COVID-19, Wagub sempat kecewa karena banyak fasilitas yang rusak. Apalagi, RSUD Pratama yang berlokasi di Pasakiat Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan sempat terhenti pembangunannya.

Kini, pembangunan RSUD dilanjutkan kembali dengan anggaran yang bersumber melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp.2.336.466.000.

Dari hasil kunjungan itu, Wagub Nasrul Abit melihat ketersediaan fasilitas yang mendukung bagi perawatan pasien, masih minim dan belum memadai.

"Dari hasil kunjungan, saya dapat melihat secara umum rumah sakit tersebut memiliki tempat yang sangat strategis, namun masih dalam tahap pembangunan," tutur Nasrul Abit.

Wagub berharap pembangunannya harus disegerakan, karena RSUD tersebut itu akan menjadi rumah sakit rujukan utama di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam penanganan COVID-19.

"Semoga rumah sakit ini bisa memberi banyak manfaat untuk Mentawai khususnya bagi warga Siberut," ungkap Nasrul Abit.

Ditambahnya, bangunan ini jauh dari keramaian masyarakat dan strategis untuk rumah sakit COVID-19. Menurutnya, pemandangan dari perbukitan yang langsung mengarah ke laut bisa membuat pasien tenang dan tidak stres.

Selain itu Wagub Sumbar menghimbau masyarakat untuk sama-sama mendukung pembangunan rumah sakit tersebut, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada saat ini maupun masa yang akan datang.

Selanjutnya, Wagub Sumbar mengunjungi Puskesmas MA. Siberut yang baru beroperasi, sesuai dengan apa yang dilihat, Nasrul Abit pun senang karena bangunan puskesmas tersebut cukup lengkap sarana dan prasarananya.

"Alhamdulillah, puskesmas di sini cukup lengkap. Pelayanan di puskesmas ini bisa menampung warga dengan dokter yang berpengalaman," ucapnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, untuk pemerataan sarana kesehatan sudah mulai terpenuhi, terutama di Pulau Siberut sudah mulai terakses dengan baik.

Lahmuddin menyebutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan peninjauan terhadap puskesmas - puskesmas yang ada di Mentawai guna melakukan evaluasi peningkatan kinerja anggota untuk menyamakan persepsi melakukan review kekurangan serta kelemahan - kelemahan dalam melaksanakan pelayanan di setiap puskesmas.

"Sebenarnya kita sudah melakukan penguatan pelayanan, dokter sudah ada, petugas sudah ada, penguatan pelayanan kan bisa dari kapasitas sarana dan prasarananya, tinggal melengkapi saja. Mudah-mudahan bisa terwujud," harap Lahmuddin.

Terakhir, sebagai wilayah kepulauan yang kerap dikunjungi oleh wisata asing, tentu sangat perlu mempersiapkan semua kelengkapannya, tukas Lahmuddin. (Biro Humas Sumbar)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan