02 June 2020

Dr.H.Candra Boy Seroza Sampaikan Materi Pembinaan ASN di Hadapan Sivitas Akademika UIN IB Padang


PADANG, (GemaMedianet.com— Sivitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melaksanakan acara Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan UIN tersebut secara online (daring), Selasa (2/6/2020) pagi.

Tampil sebagai narasumber tunggal dalam acara yang bertema “Produktif dan Aman di Masa Pandemi Covid-19” tersebut Dr. H. Candra Boy Seroza, M.Ag, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI).

Dalam materinya Dr. Candra Boy Seroza, yang juga adalah alumni Fakultas Syariah IAIN/UIN Imam Bonjol Padang menyampaikan berbagai hikmah atau peluang dan kemudahan yang bisa diraih dalam suasana Covid-19 ini, di samping ancaman dari virus yang sangat berbahaya tersebut. 

"Diantaranya adalah di dalam suasana pandemik Covid-19 ini kita dipaksa untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi, kita harus bisa menggunakannya. Apalagi sekarang birokrasi kita menuju birokrasi kelas dunia dalam empat tahun ke depan. Kita butuh ASN yang jujur, professional, dan mampu bersaing. Dengan menggunakan teknologi informasi bisa lebih hemat anggaran, sehingga lebih efektif dan efisien, pelantikan dan monitoring bisa secara online," ungkapnya. 

Dan yang tak kalah pentingnya, sebut dia, adalah bisa berkumpul dengan keluarga. Lebih banyak waktu untuk bersama-sama dengan keluarga, sahur, berbuka puasa, dan tarrus Al-Quran bersama keluarga. Karena pendidikan dalam keluarga merupakan pondasi dasar. 

"Kita bisa lebih menanamkan akhlak mulia kepada anak-anak. Karena anak-anak harus berlaku sopan kepada kedua orang tuanya, tapi kita selaku orangtua juga harus bisa mencontohkan keteladanan kesopanan kepada anak-anak," terangnya. 

Begitu juga dalam keseharian di kantor, katanya lagi, para  bawahan harus sopan kepada atasannya, namun atasan juga harus bisa mencontohkan kesopanan kepada bawahannya.

Dengan pandemik Covid-19 ini, kita dapat melaksanakan tugas-tugas dari rumah (Work From Home), dan anak-anak bisa belajar dari rumah secara daring, sehingga kita dapat merasakan semakin tinggi rasa empati kita kepada para guru dan dosen, sambung Dr. Candra. 

"Karena dapat kita rasakan sulitnya mendidik dan membimbing anak-anak di rumah," tukasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang-Prof. Dr. Eka Putra Wirman, Lc, MA dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Pembinaan ASN di lingkungan UIN ini dalam rangka Halal bi Halal diantara seluruh sivitas akademika UIN Imam Bonjol Padang. 

"Mari sama-sama kita bangun rasa ukhuwah yang kokoh dan saling bahu membahu dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan perguruan tinggi ini," ajaknya. 

Rektor menambahkan, walaupun dalam suasana pandemi Covid-19, sivitas akademika tetap bisa beraktifitas dan bersilaturrahmi secara daring. 

"Mari kita ikuti panduan yang diberikan oleh pemerintah supaya aman dari Covid-19 tersebut, dan kita tetap dapat beraktifitas dengan secara aman," harapnya.

Kegiatan pembinaan ASN ini diikuti oleh para unsur pimpinan, para Guru Besar, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.

#Red : Uki  l  Humas UIN IB - G3

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER