01 May 2020

Sepekan PSBB, BMPN Pauh IX Kuranji Kembali Salurkan 250 Paket Sembako di Sembilan Tapian


PADANG, (GemaMedianet.com— Tingginya kepedulian para tokoh di Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji Kota Padang ini terhadap masyarakat terdampak Covid-19 di ibukota Provinsi Sumatera Barat ini patut diapresiasi dan sedapatnya menginspirasi para dermawan agar tergerak harinya membantu.

Betapa tidak, dihampir satu pekan masa pambatasan sosial skala besar (PSBB) diberlakukan, kehadiran BMPN di tengah masyarakat yang banyak menjerit akibat lambannya bantuan, bak dahaga di tanah tandus.

Seperti air mengalir, sejalan dengan program kerja dan komitmennya sebelum PSBB diberlakukan, BMPN Pauh IX Kuranji Kota Padang kembali melanjutkan aksi peduli berbagi paket sembako kepada warga yang terdampak wabah Covid-19 di Sembilan Tapian yang ada Kecamatan Kuranji. 

Sebelum terjun ke lapangan, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek menyampaikan, aksi peduli BMPN dalam bentuk pembagian sembako direncanakan dibagikan sebelum memasuki Ramadhan, namun terkendala proses pendataan yang masih  menunggu dari penanggung jawab di masing-masing tapian.

Baca Juga : Kiprah Ketua DPD LPM Kota Padang di Tengah "Badai" Covid-19 di Mata Masyarakat

Apalagi, menurut Datuk Rajo Magek, yang akan menerima paket sembako dari BMPN adalah mereka yang memang benar-benar miskin dan kurang mampu.

"Alhamdulillah, pendataan clear. Kini kita harus bergerak menyalurkan 250 paket sembako ke penerima manfaat," ujarnya.

Datuk Rajo Magek berharap, apa yang dilakukan BMPN dapat bermanfaat dan  meringankan beban sanak saudara untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan, baik saat berbuka maupun ketika sahur.

"Kami tidak tega melihat jika ada sanak saudara kita yang tidak makan. Oleh karena itu BMPN tergerak hatinya untuk berbagi, khusus bagi tapian yang ada di Kuranji ini," ungkap Datuk M. Fikar, tulus.

Sementara itu, salah seorang warga penerima paket bantuan, Yuliar mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari BMPN.

"Terima kasih Pak Datuk M. Fikar beserta rombongan BMPN, semoga rezeki pak Datuk, pengurus dan anggota BMPN lancar dan senantiasa diridhoi oleh Allah SWT," ungkap Yuliar penuh haru, Kamis (30/4/2020). 

Di mata Yuliar, sosok Datuk M. Fikar sebaga Ketua BMPN dan Datuk Irwan Basir sebagai Penasehat BMPN memang luar biasa. Selain memiliki jiwa sosial yang tinggi, keduanya juga mudah bergaul dengan siapa saja tanpa memandang status sosial.

"Itu yang saya salut dari kepribadian beliau. Sangat peduli dengan warga yang membutuhkan bantuan, seperti kami ini apalagi di saat wabah Covid-19 ini," tutur Yuliar. 

Ia mengaku selalu mengikuti perkembangan kedua datuk tersebut, dari mulai cerita di tengah masyarakat, media sosial hingga media massa.

"Kita tahu, hampir satu bulan ini nama kedua Datuk ini selalu mengisi media cetak, elektronik, media online maupun media sosial," ungkap Yuliar penuh simpatik.


Luruskan Hati dan Introspeksi Diri

Di kesempatan yang sama, Penasehat BMPN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam disela-sela pembagian sembako mengatakan, paket bantuan ini murni dari kepedulian BMPN Pauh IX Kuranji kepada warga yang terdampak Wabah Covid-19.

"Karena lahir dari ketulusan hati, maka apa yang kami lakukan adalah murni sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama. Kalau bukan kita yang membantu, siapa lagi yang meringankan beban warga terdampak wabah Covid-19. Jadi, tujuan kita bukan untuk mencari sensasi, tapi untuk mengetuk para dermawan membantu sesama," tegas Datuk IB, sapaan akrab Owner Padang Fishing Club (PFC) Kuranji Kota Padang ini.

Masih menurut Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA)  Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji ini, setiap bantuan yang diberikan BMPN berasal dari biaya pribadi dan tidak ada hal lainnya, apalagi politik praktis.

"Oleh karena itu andaikan ada pihak- pihak menuding yang enggak-enggak berarti hatinya perlu diluruskan dan mereka introspeksi diri. Oleh karena itu mari kita berlomba-lomba untuk berbuat kebajikan," tegas Datuk IB yang beberapa waktu sebelumnya sempat menggelar temu ramah dengan para Jurnalis sebagai bentuk apresiasinya terhadap peran mereka di masa wabah Covid-19 ini. (uki)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER