23 Mei 2020

Presiden Joko Widodo Lantik KSAL dan KSAU di Istana Negara


JAKARTA, (GemaMedianet.com— Presiden Joko Widodo melantik secara bersamaan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Pelantikan keduanya dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan dihadiri undangan terbatas.

KSAL yang baru, Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Aji yang akan memasuki masa pensiun. Sementara KSAU yang baru, Fadjar menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang juga akan memasuki masa pensiun. 

Usai mengumandangkan Indonesia Raya, Sekretaris Militer (Sesmil), Suharyanto, membacakan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara serta Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

“Mengangkat Laksamana Madya TNI Yudo Margono NRP.9168P sebagai Kepala Staf Angkatan Laut dan menaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI serta mengangkat Marsekal Madya TNI Fadjar Prasetyo NRP.512635 sebagai Kepala Staf Angkatan Udara dan menaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi menjadi Marsekal TNI,” ujarnya membacakan Keppres tersebut.

Keppres ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 18 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo.

Usai pembacaan Keppres, selanjutnya Presiden Joko Widodo memimpin sumpah jabatan KSAL dan KSAU  secara bersamaan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan keduanya. Rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan terbatas.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andhika Perkasa.

#uki I Setneg

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan