26 Januari 2020

Wagub Sumbar Minta Masyarakat Tenang, Pintu Masuk BIM Perketat Berkeliarannya Virus Corona


PADANGPARIAMAN, (GemaMedianet.com Guna mengantisipasi "Virus Corona" atau virus mematikan jenis baru yang berasal dari Kota Wuhan, China, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memasang dua alat thermo scanner atau pemindai suhu tubuh.

"Dua alat thermo scanner dipasang untuk mencegah masuknya virus Corona" atau virus mematikan jenis baru yang berasal dari Kota Wuhan, China ke Sumbar," ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat mengunjungi BIM Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (25/1/2020) malam. 

Wagub Nasrul Abit menyebutkan, seluruh dunia saat ini tengah menyoroti penyebaran wabah penyakit akibat virus corona yang mematikan. Untuk itu perlu dilakukan langkah pencegahan dan pengawasan, khususnya di pintu gerbang masuknya penumpang internasional seperti bandara dan pelabuhan. 

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Padang akan memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang yang masuk melalui pintu masuk dari luar negeri untuk mencegah masuknya virus corona ke Sumbar.

Setiap penumpang yang baru tiba, terang Wagub, utamanya yang berasal dari negara terjangkit seperti Tiongkok dan Hongkong harus melewati thermo scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. 

"Bila tinggi mencapai 38 derajat celcius maka petugas akan melakukan tindakan lebih lanjut," tegasnya. 

Selain itu, Wagub Nasrul Abit minta kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bekerja lebih teliti dan ekstra ketat, waspadai jangan sampai virus corona masuk ke Sumbar. 

Wagub juga berharap kepada petugas pelabuhan untuk dapat mengenali secara dini gejala penyakit virus corona tersebut.

"Jika terdapat penumpang yang teridentifikasi memiliki kondisi suhu tubuhnya di atas 38 derajat serta memiliki gejala umum batuk, demam dan sesak napas, segera ambil tindakan, lakukan penanganan khusus," ucapnya.

Meskipun saat ini belum ada ditemukan penumpang yang terkena virus Corona, Wagub Sumbar menyampaikan pihaknya menjalankan prosedur pencegahan sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan RI.

Wagub meminta masyarakat Sumbar tidak perlu khawatir, Pemprov Sumbar akan melakukan pengawasan secara ketat. 

"Kita tidak akan biarkan Virus Corona berkeliaran di Ranah Minang ini," tukasnya.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan