18 January 2020

Hari Pertama Pendaftaran, Kantor KPU Pasaman Diramaikan Calon PPK Dari Berbagai Wilayah


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Hari pertama pendaftaran penerimaan para calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah tahun 2020 tampak ramai di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman, Sabtu (18/1/2020).

Antusiasme masyarakat Kabupaten Pasaman untuk mendaftar menjadi calon PPK yang datang dari segala penjuru Pasaman sangat terasa, meski pendaftaran dibuka pada hari libur kerja.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman akan membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dan pendaftaran akan dibuka pada tanggal 18 hingga 24 Januari 2020. 

“Untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bupati-Wakil Bupati Pasaman ini kita membutuhkan 60 PPK. Tiap kecamatan terdiri dari 5 orang anggota PPK,” terang Komisioner KPU Pasaman, Eria Candra. 

Sebagaimana yang telah diumumkan melalui media cetak maupun elektronik, adapun beberapa syarat pendaftar, yakni warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun, calon pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPK, sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika. 

“Pelamar harus melampirkan surat keterangan dari Puskesmas. Sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Pasaman,” imbuh Eria Candra yang akrab disapa Erick. 

Adapun syarat lainnya, adalah pendidikan pendaftar minimal setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pelamar harus bisa menguasai microsoft Excel, karena dibutuhkan saat input hasil penghitungan dan rekapitulasi suara berbasis E rekap. Calon PPK juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. Serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Calon PPK yang terpilih akan diberi bimtek (bimbingan teknis). Kami sangat ingin Pilkada di Pasaman ini sukses, jadi bimteknya harus serius. Kalau semua paham tugasnya, proses tahapan akan berjalan sesuai jadwal dengan baik dan lancar,” pungkas Erick. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR