17 December 2019

Tim Riak Bakaja, Sang Juara Salaju Sampan Tradisional Festival Siti Nurbaya Ke VI Tahun 2019


PADANG, (GemaMedianet.com— Tim Riak Bakaja berhasil menjadi pemuncak pada penutupan Perlombaan Tradisional Festival Siti Nurbaya Salaju Sampan yang berlangsung selama dua hari, sejak 14 - 15 Desember 2019 di kawasan Sungai Batang Arau, Minggu (15/12/2819).

Agenda tahunan Festival Siti Nurbaya Selaju Sampan Badusanak Tahun 2019 tersebut ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian didampingi Camat Padang Selatan Puji Astomi dan Sekretaris Dinas Parbud Rinaldi.

Salaju Sampan salah satu olahraga tradisional dimiliki warga Kota Padang ini, mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Padang, lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai penyelenggaranya telah berhasil menggelar event keenam hingga tahun 2019.

Dalam penutupan lomba itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian menyampaikan ucapan terima kasih pada panitia penyelenggara yang telah sukses menggelar event Salaju sampan dengan baik, dan telah membuahkan hasil yaitu melahirkan sang juara baru Salaju Sampan Tradisional di Kota Padang.

Disamping itu, Arfian juga mengucapkan terima kasih pada tim pengamanan yang telah bekerja sungguh-sungguh selama event berlangsung, hingga tidak ada terjadi persoalan dan keributan di lokasi acara.

Lebih lanjut Arfian, kesuksesan Festival Siti Nurbaya membuktikan kerinduan dan kecintaan warga kota untuk menikmati gelaran lomba setiap tahunnya.

"Perlu diketahui bahwa di bulan April 2020 mendatang event ini akan kembali digelar," tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Alamsyah bersama anggota  sangat bersyukur selama perlombaan berjalan tidak ada terjadi persoalan dan masalah di lapangan, 

"Ini sebagai bukti bahwa warga Kota Padang sangat mencintai olahraga tradisional Salaju Sampan," tukasnya.

Sang Juara Festival Salaju Sampan 

Seperti diketahui, festival diikuti 32 tim, terdiri 30 tim asal Kota Padang dan dua tim lainnya dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penentuan pemenang juga menjadi hal unik dari festival selaju sampan, dimana pemenang bukanlah peserta yang lebih dulu mencapai garis finish, akan tetapi pemenang yang lebih dulu menusuk labu-labu atau sejenis bola yang sudah disediakan panitia. 

Keluar sebagai juara umum Festival Siti Nurbaya Selaju Sampan Badusanak Tahun 2019 ini, Tim Salaju Sampan Riak Bakaja.

Sementara untuk Juara  II  dimenangi Tim Selaju Sampan Sungai Pisang Indah, disusul Juara III Tim Mentawai Fest. Sedangkan juara IV Tim Benteng Sepakat harus puas menjadi juara ke IV.

Sebagai pemuncak, Tim Riak Bakaja mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 13.5 juta ditambah tropy. Selanjutnya, Juara II, Tim Sungai Pisang Indah menerima uang pembinaan Rp.10.5 juta, dan Juara III, Tim Mentawai Fest memperoleh uang pembinaan Rp.7 5 juta. Sementara juara IV Tim Benteng Sepakat menerima uang pembinaan Rp.4 juta  (em/taf)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER