13 November 2019

Pesisir Selatan Kembali Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swastisaba Wistara.

Bupati Hendrajoni Saat Menerima Penghargaan Tahun 2017
PAINAN, (GemaMedianet.com— Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun 2019 ini mendapatkan penghargaan kabupaten sehat kategori Swastisaba Wistara. Penghargaan ini merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat. Sebelumnya, tahun 2017 Pesisir Selatan memperoleh penghargaan  yang sama, dengan kategori Swastisaba Wiwerta.

"Penghargaan tersebut akan diterima Bupati Hendrajoni,  Selasa (19/11/2019) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Yuni Andra.

Dikatakan, kepastian Pesisir Selatan, memperoleh penghargaan kabupaten sehat, kategori swastisaba wistara disampaikan melalui radiogram Menteri Dalam Negeri nomor 080/12558/SJ tanggal 8 November 2019.

Menurutnya,  Pesisir Selatan  memperoleh penghargaan kabupaten sehat setelah melalui proses penilaian yang meliputi enam tatanan penilaian dan 220 indikator yang dilakukan oleh tim penilai pusat kabupaten sehat di Passel.

Enam tatanan penilaian itu diantaranya, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas tertib, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, serta kehidupan sosial yang sehat.

Ditambahkan, kabupaten sehat merupakan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat yang terdiri atas tiga kategori yaitu tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Di tingkat kabupaten, dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa atau nagari oleh Forum Desa Sehat.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan apresiasi atas keberhasilan Pesisir Selatan, meraih predikat kabupaten sehat kategori swastisaba wistara.

"Penghargaan ini bukti keberhasilan Pesisir Selatan, diberbagai bidang pembangunan," katanya.

Dalam kesempatan itu, bupati, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan Pesisir Selatan, menjadi daerah yang pantas menerima pernghargaan tertinggi untuk penilaian kabupaten sehat. (doni) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER