13 November 2019

Lomba Memasak Warnai Pertemuan Forikan Kota Padang Tingkatkan Konsumsi Makan Ikan


PADANG, (GemaMedianet.com— Hampir setiap tahunnya, kegiatan Pertemuan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang digelar. Tahun 2019 ini, kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan Forikan Kota Padang itu dilangsungkan di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Selasa (12/11/2019) pagi.

Acara ini terasa begitu penting karena juga dihadiri langsung Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Khairuz Eliza. 

Hadir dikesempatan itu Wali Kota Padang diwakili Asisten Administrasi Didi Aryadi, Kepala DKP Sumbar Yosmeri, Kepala DKP Kota Padang Guswardi. Selanjutnya Ketua Forikan Kota Padang Ny. Harneli beserta Wakil Ketua I Ny. Genny Putrinda dan Wakil Ketua II Ny. Marni Amasrul. Puluhan murid TK juga ikut menyambut dan memeriahkan acara tahunan tersebut.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Khairuz Eliza dalam sambutan dan arahannya mengaku menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut. Ia pun juga memuji keseriusan Forikan Kota Padang di bawah pimpinan Ny. Harneli yang terlihat sangat aktif dan proaktif dalam mengajak dan menggerakkan ibu-ibu Forikan Kota Padang menjalankan tugas dan fungsinya secara baik sejauh ini. 

"Yang kami lihat yaitu Forikan Kota Padang cukup intens mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan selaku menu yang sehat bagi tubuh kita. Alhamdulillah, semoga terciptanya masyarakat khususnya generasi muda yang sehat dan cerdas di Kota Padang," sebutnya. 

Sementara itu Asisten Administrasi Didi Aryadi dalam juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik Pertemuan Forikan Kota Padang Tahun 2019. Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya dalam menggalakkan semangat gemar memakan ikan yang memang memiliki banyak sekali vitamin dan proteinnya. 

"Oleh sebab itu, kita menginginkan bagaimana masyarakat khususnya generasi muda di Kota Padang senantiasa gemar memakan ikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan itu harus dimulai sejak dini," ujarnya.

Didi melanjutkan, melalui kegiatan Pertemuan Forikan yang beragendakan lomba memasak masakan dengan ikan tersebut tentunya ke depan harus terus ditingkatkan hingga masa yang akan datang. 

"Sehingga ke depan, generasi muda Kota Padang rata-rata menjadi generasi yang kuat dan cerdas. Jadi, tidak ada lagi generasi kita yang terhambat perkembangannya baik secara fisik ataupun intelegensi. Untuk itu, mari sama-sama kita galakkan gemar memakan ikan bagi masyarakat khususnya pada generasi muda," imbau Asisten dihadapan pimpinan dan pengurus Forikan Kota Padang.

Senada dengan itu Ketua Forikan Kota Padang Ny. Harneli mengatakan, dengan banyaknya mengkonsumsi ikan dan memvariasikan menu masakan ikan diharapkan menambah kemauan generasi muda Kota Padang untuk gemar memakan ikan. 

"Alhamdulillah, dalam hal ini Forikan Kota Padang juga bekerjasama dengan PAUD, TK dan SD. Kemudian didukung DKP Padang dalam hal pemberian bantuan konsumsi pangan ikan dan lainnya. Kita tentu berharap semua pihak senantiasa komit dalam memenuhi kebutuhan ikan dan menggerakkan masyarakat agar gemar memakan ikan sebagi salah satu dari menu 4 sehat 5 sempurna," harap Ketua TP-PKK Kota Padang itu. 

Selanjutnya Kepada DKP Kota Padang Guswardi menyebutkan, upaya meningkatkan gizi masyarakat Kota Padang serta minat untuk mengkonsumsi ikan memang perlu terus digalakkan melalui berbagai kegiatan salah satunya melalui agenda Pertemuan Forikan Kota Padang. 

Ia  berharap, melalui pencanangan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagai gerakan nasional diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus di Kota Padang, terkonsep, terintegrasi, dan melibatkan seluruh komponen. Seperti bagi instansi pemerintah pusat dan daerah, swasta, LSM, asosiasi, lembaga profesional, lembaga kemasyarakatan, lembaga keagamaan dan pelaku usaha.

"Sehingga dengan upaya itu mampu membangunkan kesadaran masyarakat untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga. Maka dari itu DKP Padang bersama Forikan Kota Padang menggelar Pertemuan Forikan Kota Padang Tahun 2019. Sebagaimana tujuan diantaranya sinkronisasi dan penyampaian program dan kegiatan Forikan Kota Padang. Selanjutnya untuk meningkatkan konsumsi ikan, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luasa," imbuhnya.

Dijelaskannya lagi, dalam Pertemuan Forikan Kota Padang 2019 digelar beberapa kegiatan. Diantaranya rakor dan sinkronisasi program kegiatan Forikan Kota dan Kecamatan, Lomba kelembagaan Forikan dan Implementasi Gemar Makan Ikan Pada Kurikulum PAUD Tingkat Kota Padang, dan Lomba mAsak Serba Ikan Tingkat Kota Padang Utusan Forikan Tiap Kecamatan. Selanjutnya juga ada LOmba Jingle Gemar Makan Ikan Tingkat Kota padang Antara SIswa SLTP Perwakilan Tiap Kecamatan, Gerak dan Lagu Gemar Makan Ikan oleh 90 Orang Anak PAUD, Bazaar/Pameran Olahan Ikan serta Penyediaan Snack Olahan Ikan dalam 'Food Truck'.(Humas/David)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER