24 Oktober 2019

Kompetensi Camat Terbaik Sumbar 2019, Editiawarman Dinilai


PADANG(GemaMedianet.com— Camat Padang Utara, Editiawarman S.Pd selaku Camat Terbaik I Tingkat Kota Padang Tahun 2019, resmi dinilai dalam ajang Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019.

Penilaian untuk tahap II ini dilakukan oleh Tim Penilai Kompetensi Camat Tingkat Sumbar 2019 yang diketuai Yohanes Dahlan. Dimana kedatangan rombongan Tim Penilai disambut suka cita oleh Camat Editiawarman bersama Sekcam Nasdwiyelli, Lurah dan ASN dan masyarakat se-Kecamatan Padang Utara dalam acara penyambutan yang dilangsungkan di kantor Kecamatan Padang Utara, Rabu (23/10/2019).

Hadir langsung dikesempatan itu Anggota DPR RI Hermanto, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPRD Padang Pun Ardi, Ketua TP-PKK Padang Ny. Harneli, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD dan Camat di lingkup Pemko Padang, serta tokoh masyarakat Kota Padang dan unsur terkait lainnya. 

Yohanes Dahlan dalam penyampaiannya mengatakan, sebanyak enam orang Camat telah dinyatakan lulus seleksi tahap satu dalam Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Sumbar 2019. Dimana tahap satu tersebut telah dilaksanakan dari 26 sampai 27 Agustus lalu. 

"Keputusan tersebut ditetapkan melalui rapat pembahasan yang dihadiri oleh tim penilai dan tim pelaksana yang dilaksanakan di ruang rapat Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar," sebutnya.

Keenam Camat yang dinyatakan lolos untuk tahap kedua dalam penilaian tersebut terang dia, selain Camat Padang Utara Kota Padang yaitu Camat Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat, Camat Ampek Nagari Kabupaten Agam, Camat Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Camat Lengayang Kabupaten Pessel dan Camat Tanjung Harapan Kota Solok. 

Sementara yang dinilai dalam penilaian camat terbaik tingkat Sumbar tersebut antara lain mulai dari Kompetensi Teknis, Kompetensi Kepemimpinan Camat, Kompetensi Sosial Kultural dan Kompetensi Pemerintahan.

"Keenam Camat tersebut berhak mengikuti proses penilaian tahap kedua, yakni penilaian langsung atas prestasi-prestasi yang dilakukan didaerah masing-masing. Dari hasil tersebut nantinya akan ditetapkan 3 Camat terbaik tingkat Sumbar 2019," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah hadir langsung memberikan dukungan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengapresiasi dan mengucapkan selamat terkhusus kepada Camat Padang Utara Editiawarman yang sukses menjadi Camat terbaik tingkat Kota Padang tahun 2019. Sebagaimana kini tengah berjuang mengikuti seleksi tahap kedua dalam Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Sumbar 2019.

"Torehan ini tentunya tidak terlepas dari inovasi-inovasi dari Camat Editiawarman sendiri, yang mampu mensinergikan potensi-potensi yang ada di kecamatan yang ia pimpin. Kami tentu mengapresiasi program dan inovasi yang telah beliau lakukan bersama jajaran," tukuk Mahyeldi.

Kemudian kata wako lagi, capaian tersebut tentunya juga tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder terkait dalam upaya mensukseskan program pembangunan di Kota Padang dalam hal ini di Kecamatan Padang Utara.

"Maka itu mari kita doakan beliau semoga menjadi yang terbaik, dan akan menjadi Camat Terbaik di Tingkat Sumbar 2019," ujar Wako Mahyeldi mendoakan. 

Setelah itu Camat Padang Utara Editiawarman dalam sambutan dan presentasinya menyampaikan mengaku terharu dan bersyukur atas pencapaian yang ia peroleh sampai saat ini. 

"Alhamdulillah, mimpi saya pasca dilantik menjadi Camat Padang Utara sejak Februari 2016 silam kini terwujud. Bagi saya ini buah sinergi dan dukungan dari semua pihak, baik ASN dan masyarakat se-Kecamatan Padang Utara yang tak kenal lelah bahu-membahu memajukan Kecamatan Padang Utara. Untuk itu atas nama pribadi dan keluarga serta pemerintah kecamatan Padang Utara, kami mengucapkan terima kasih tak terhingga atas kerjasama dan dukungan semua pihak selama ini," ungkapnya.

Camat muda itu pun mengungkapkan bahwa prestasi hanyalah formalitas tugas, dimana hakikat sebuah amanah bagi dirinya selaku kepala pemerintahan di Kecamatan Padang Utara yakni adalah pengakuan, rasa senang, persaudaraan, dan rasa bangga bersama masyarakat.

"Jadi itulah yang paling hakiki, dan oleh sebab itu di tahun pertama kami bertugas kami langsung mendeklarasikan bersama seluruh ASN Kecamatan Padang Utara yakni program  'one day service' dengan satu hari berurusan di kantor camat dan kantor lurah wajib selesai sesuai kewenangan," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya lagi, beberapa program cukup banyak yang telah dilucurkan dari awal mula menjabat Camat Padang Utara hingga saat ini. Dimana juga ada Pelayanan Non Stop, Mekanisne Pengaduan secara online dan langsung kepada Camat dan Lurah, Persaudaraan Madani (Mempersaudarakan Keluarga Mampu dengan Keluarga Kurang Mampu), membentuk Satgas Mantab (Masyarakat Anti Narkoba,  Tawuran,  dan Balap Liar) di tiap kelurahan, Kecamatan Cerdas Bencana di tiap kelurahan dan Sistem kontrol surat berbasis online.

"Selanjutnya kita juga menerapkan Sistim kontrol dan informasi kegiatan berbasis internet/android, Kerjasama dan koordinasi rutin dengan unsur Forkopimka dan antar lembaga di Kecamatan Padang Utara. Sekaligus mendorong penyelamatan lingkungan dengan pengurangan dan pengolahan sampah plastik, Menyukseskan Program Nasional Kampung KB hingga Membangun Tim Work Mandiri secara rutin. Sebenarnya masih banyak lagi program dan upaya lainnya demi melihatkan keberadaan dan fungsi pemerintah di tengah masyarakat. Kita tentu berharap, apa yang telah kita raih dapat dipertahankan dan ditingkatkan," tukas Editiawarman optimis.

Dalam penilaian itu juga dibarengi dengan dilaunchingnya sebuah inovasi terbaru dari Camat Padang Utara yaitunya program Aplikasi Sarana Informasi Aduan Pelayanan (ASIAP) serta penyerahan bantuan dari Program Keluarga Madani Kecamatan Padang Utara berupa sembako yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu se-kelurahan di Kecamatan Padang Utara.(David)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan