27 Juni 2019

Bupati Pasaman Canangkan Pelayanan KB-Kes Bhayangkara dan Pelayanan Kesehatan Gratis


PASAMAN(GemaMedianet.com— Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis canangkan pelayanan KB-Kes Bhayangkara dan pelayanan kesehatan gratis dalam rangka   rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-73 tagun 2019 bertempat di Puskesmas Lansek Kadok Kecamatan Rao Selatan, Kamis (27/6/2019).

Pencanangan tersebut, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Kepala BKBN Sumbar diwakili Sekretaris BKKBN Sumbar, Drs. Budi Mulya didampingi Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis dan unsur Forkopimda lainnya.  Turut hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati, asisten, Kepala OPD, Ketua Tap PKK Pasaman, Ketua GOW Pasaman, Ketua Bhayangkari, Kepala Puskesmas, Camat se-Pasaman, Walinagari dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DPP-KB Pasaman, Desrizal dalam laporannya mengatakan, pencanangan pelayanan KB-Kes Bhayangkara dan pelayanan kesehatan gratis ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"Kegiatan ini juga meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lembaga non pemerintahdan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan," terangnya.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin mengatakan, saat ini Polres Pasaman konsisten berpartisipasi aktif dalam berbagai macam kegiatan Keluarga Berencana untuk meningkatkan pencapaian program KB dan pengendalian penduduk di Kabupaten Pasaman.

"Pencanangan pelayanan KB-Kes dan Bhayangkara kesehatan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke 73 tahun 2019 di Kabupaten Pasaman," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan aktualisasi komitmen serta kepedulian Polres Pasaman dalam memberikan pengabdian terbaik melalui penyediaan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemkab Pasaman, IBI dengan Polres Pasaman. Kegiatan ini juga bagian dari wujud rasa syukur Polri yang sebentar lagi memperingati HUT Bhayangkara," ungkapnya.

Dia mengatakan, dengan turut sertanya pihak kepolisian dalam kegiatan ini, setidaknya dapat menekan lajunya pertumbuhan penduduk khususnya di Kabupaten Pasaman. 

"Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia dengan mampu membangun sumberdaya manusia yang dimulai dari keluarga," ujar Kapolres Pasaman.

Sekretaris BKKBN provinsi Sumbar, Drs. Budi Mulya saat membacakan sambutan PD IBI Sumbar menyampaikan, BKKBN bekerjasa dengan IBI telah menelaah arah kebijakan pembentukan KB Nasional kedepan, sesuai dengan tujuan awal yakni, menjadikan tujuan organisasi yang handal dan dipercaya dalam membantu mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang sejahtera, berkualitas untuk penerus bangsa.

 "IBI adalah satu-satunya wadah bidan yang berperan dalam pelayanan kebidanan, KB dan pelayanan kesehatan masyarakat," ucapnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, bulan Bakti KB Kes diadakan setiap tahun dalam memperingati HUT IBI yang dilakukan 6 bulan dengan memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat miskin, dimana sasaran programnya adalah PUS dengan memasangkan Alkon MKJP. "Kegiatannya meliputi, pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu nifas, ibu melahirkan, bayi dan KB dimana untuk Akseptor KB hari ini sebanyak 50 orang untuk pemasangan MKJP yaitu IUD Implan. Pelayanannya dilakukan secara gratis," ucapnya.

Dia berharap, dengan cakupan KB yang tinggi dan pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat menurunkan angka kematian Ibu dan bayi sekaligus menurunkan laju pertumbuhan penduduk.

Sementara itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis menyebutkan, dimulainya kegiatan ini dimaksudkan untuk menfinformasikam kepada aparatur pemerintah dan masyarakat bahwa program pembangunan yang tengah dilaksanakan saat ini didukung sepenuhnya oleh Polres Pasaman, IBI cabang Pasaman bersama pemerintah dan masyarakat.

"Saya atas nama Pemkab Pasaman dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Polres Pasaman, IBI dan pihak terkait yang telah memprakarsai pelaksanaan program KB-Kes yang merupakan salah satu visi yang telah kita tetapkan yakni terwujudnya masyarakat kabupaten pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya," ungkapnya.

Bupati menerangkan, program KB ini merupakan program nasional yang harus disukseskan bersama, karena masalah pengendalian pertumbuhan penduduk bukanlah persoalan yang berdiri sendiri.

"Hal ini mempunyai kaitan dan dampak terhadap yang lainnya. Persoalan pertumbuhan penduduk disuatu daerah akan mempengaruhi terhadap daerah lainnya, demikian pula pertumbuhan penduduk akan memberi dampak terhadap persoalan yang lain," tukasnya. (Noel/Humas)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan