05 April 2019

Gubernur Sumut Ingatkan Penyelenggara Pemilu 2019 Sukses Kesiapan dan Pelaksanaan


MEDAN, (GemaMedianet.com) —Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan para penyelenggaran Pemilu, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, serta pihak terkait lainnya memastikan kesiapan hingga pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang berjalan lancar, tertib dan aman.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (4/4/2019).

Ia juga menyebutkan, hal ini penting untuk lancarnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang meliputi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden  (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif  (Pileg) 17 April mendatang. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi juga mengingatkan, agar aparatur sipil negara (ASN) tetap netral. Meski begitu, ASN tetap memiliki hak untuk memilih. “Jadi kita ini harus bertindak netral,” katanya.

Sementara kepada para kepala daerah yang hadir, gubernur berpesan agar melepas paku-paku yang digunakan untuk menempel atribut kampanye di pohon-pohon di daerah masing-masing. “Saya ingin semua paku yang tertancap di pohon itu dicabut. Kasihan pohon itu, tak ikut memilih kok ditancap paku, jadi saya tak mau ada lagi paku yang menancap di pohon-pohon,” pesannya.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan mengatakan laporan mengenai ASN yang tidak netral saat ini hanya berjumlah 5 laporan saja. “Itu mungkin karena Pak Gubernur pada Rakor sebelumnya telah mengimbau jaga netralitas ASN Sumut,” ujarnya.

Syafrida juga mengatakan, pertemuan yang digelar oleh Gubernur Sumut diperlukan untuk mengantisipasi semua pihak agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Apalagi kita tahu Sumut dari Pemilu ke Pemilu selalu jadi trending topic nasional,” katanya.

Masih menurut Syafrida, rakor juga berguna untuk memastikan kesiapan kepala daerah untuk membantu penyelenggaraan Pemilu terkait distribusi, pengamanan hasil pemungutan suara dan persiapan fasilitas pendukung lain. “Termasuk untuk menyampaikan pesan pemerintah mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kabinda Sumut Brigjend TNI Ruruh A Setyawibawa, perwakilan Forkopimda Sumut, Ketua KPU Sumut Yulhasni, para Kepala Daerah se- Sumut atau yang mewakili dan Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Sumut. 

#em I HumasPemprovsu

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan