21 April 2019

Bupati Pasaman Lepas Lebih 1500 Santri Dalam Pawai Akbar Khatam AlQur’an se Kec. Lubuk Sikaping


PASAMAN, (GemaMedianet.com) —Sebanyak 1.596 santri dari 35  MDTA, terdiri  dari 33 MDTA  Kecamatan Lubuk Sikaping, 1 MDTA  Kecamatan Rao Selatan, 1 MDTA Kecamatan Bonjol  dan 11 TPQ/TPSQ se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman mengikuti Pawai Akbar Khatam AlQur’an di halaman Kantor Bupati Pasaman, Minggu (21/4/2019).

Kegiatan pawai akbar mengambil tema “Dengan Pawai Khatam Al Qur’an Akbar Mari Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah dan Semangat Belajar Mengajar AlQuran Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”  tersebut dilepas Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis.

Bupati Yusuf Lubis menyebutkan, Pawai Khatam Al Qur’an salah satu kegiatan yang didorong oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan AlQur’an di Bumi Pasaman.

“Khatam AlQur’an pertanda bahwa anak-anak telah menamatkan pendidikan membaca AlQur’an, namun kegiatan membaca AL Qur’an tidak boleh berhenti. Lantunan suara para pembaca dan penghafal AlQur’an harus selalu kita dengar dari rumah-rumah, dari Mesjid dan dari Mushalla sejalan dengan kegiatan Magrib Mengaji,” jelas bupati.

Lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksanaanya acara Khatam ALQur’an dan pawai hari ini. 

"Ini terlaksana berkat kerja yang sungguh-sungguh, ikhlas dan konsisten dari para guru, ustadz, ustadzah dalam mendidik dan membina para Santri," tukasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pasaman H.Dedi Wandra dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pawai yang digelar oleh panitia pelaksana berada di bawah koordinasi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Pasaman, dan dapat digelar rutin setiap tahun untuk syiarnya Agama Islam di bumi Pasaman. 

Dedi Wandra berharap, pawai khatam Al Qur’an seperti ini dapat dilaksanakan bukan hanya tingkat kecamatan seperti saat ini. 

"Syiar yang lebih besar akan dapat kita rasakan sekiranya dapat kita gelar tingkat Kabupaten Pasaman pada tahun-tahun mendatang," ulasnya. 

Sebelumnya Ketua Panitia Pawai Akbar Khatam AlQur’an MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping Suyadi diwakili Al Ustadz Yulnedi Malin Basa melaporkan, Pawai Akbar Khatam AlQur’an bertujuan meningkatkan kompetensi MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping hingga dapat melahirkan santri yang pandai baca tulis ALQur’an dan beribadah sesuai dengan ketentuan Agama Islam.

Disamping itu, mendukung dan mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Kementerian Agama dengan Gerakan Msyarakat Magrib Mengaji (Gemmari), serta mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Pasaman “Terwujudnya Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”. (Noel/Humas)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan