24 Desember 2018

Jaga Kelestarian Adat Budaya, Bundo Kanduang Juga Berperan Penting Bangun Generasi Muda Berkarakter


PADANG(GemaMedianet.com— Peran "Bundo Kanduang" memang sangat penting bagi pembangunan dan hal penting lainnya di Sumatera Barat. Di Kota Padang, para bundo kanduang sejak dahulu sudah melihatkan eksistensinya, terutama dalam menjaga kelestarian adat dan kebudayaan Minangkabau.

Di samping itu sekaligus membangun karakter generasi muda yang berakhlak mulia disertai mengantisipasi hal-hal dan pengaruh negatif yang akan menerpa.

Demikian disampaikan Walikota Padang, Mahyeldi sewaktu memberikan sambutan di hadapan Bundo kanduang Kota Padang dalam acara peringatan HUT Bundo Kanduang ke-44 dan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (24/12/2018). 

Sebagaimana tema yang diangkat dalam acara ini yaitu "Kita tingkatkan semangat kaum padusi Minang untuk penerapan nilai-nilai adat basandi syara'-syara' basandi kitabullah (ABS-SBK). Syara' mangato adat mamakai alam takambang jadi guru di Kota Padang.

"Insya Allah, mudah-mudahan berkat dukungan bundo kanduang semua, berbagai kegiatan pembangunan daerah serta pembangunan karakter generasi muda dan menjaga kelesatarian adat dan budaya di Kota Padang senantiasa berjalan dengan baik," harap wako.

Ia juga mengungkapkan bahwa Pemko Padang saat ini sangat serius menyikapi generasi muda. Sebagai generasi penerus calon pemimpin bangsa ke depan, generasi muda saat ini diketahui tengah dihadapkan oleh berbagai pengaruh negatif yang datang silih berganti.

"Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Padang kami berharap, para bundo kanduang senantiasa aktif bersinergi dengan semua unsur mencegah hal-hal yang tak diinginkan bagi generasi muda kita. Baik apa saja bentuk kemaksiatan, LGBT, narkoba, pergaulan bebas dan hal menyimpang lainnya," imbau wako.

Maka itu tambah Mahyeldi, para bundo kanduang serta orangtua sangat penting memberikan perhatian dan pembinaan bagi generasi dan anak-anaknya. Dimana untuk ini Pemko Padang sudah menerapkan Program 1821. Mulai pukul 18.00 WIB orang tua harus memberikan waktu dan perhatian untuk anak-anaknya dimulai shalat maghrib berjamaah lalu belajar hingga pukul 21.00 WIB.

"Itulah harapan saya, semoga kita sama-sama memberikan perhatian kepada generasi muda untuk terciptanya generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia. Kalau bukan kita siapa lagi," tukas walikota menyemangati. (David)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan