22 April 2024

Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-76 Diperingati Dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD




PESSEL, (GemaMedianet.com)  Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-76 Tahun 2024 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung PCC, Painan, Senin (22/4).

Sidang istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen itu dihadiri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan,  Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Maswar Dedi, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, anggota DPRD, Forkopimda, bupati/walikota se Sumbar, kepala perangkat daerah, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, walinagari, Ormas, perantau dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-76 ini jatuh pada tanggal 15 April, namun karena bertepatan dengan libur lebaran dan cuti bersama, maka peringatannya diundur tanggal 22 April 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, hari jadi kabupaten merupakan hari bersejarah bersatunya masyarakat dari utara dan selatan. 

"Hal ini bukan hanya sebatas eforia atau seremonial belaka, akan tetapi bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada daerah dan evaluasi terhadap kebijakan daerah," ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Pesisir Selatan baru saja dilanda bencana alam banjir dan tanah longsor pada 7 Maret lalu atau menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Bencana itu mengakibatkan 29 korban meninggal dunia, kerusakan infrastruktur seperti jalan, jembatan, rumah ibadah, sekolah, fasilitas kesehatan, jaringan air bersih, irigasi, rumah dan lainnya," tambahnya.

Kerugian materi akibat bencana alam itu sangat besar yakni Rp.1 Triliun lebih. "Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak yang telah menunjukkan kepedulian terhadap bencana alam yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu," ucapnya.

Ia mengingatkan, kepada semua pihak agar bencana ini dijadikan sebagai pelajaran berharga, untuk berbenah diri ke depan dan menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

Dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki sumber daya alam yang cukup besar di sektor pertanian, perikanan, kelautan, perkebunan, pariwisata dan lainnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Mari kita manfaatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat, tanpa merusak lingkungan. Pemkab juga hendaknya membuka lebar peluang investasi untuk pengelolaan sumber daya alam itu kepada investor," katanya.

Kemudian dalam penyelenggaraan roda pemerintahan mesti dilakukan secara profesional, akuntabel dan transparan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih.

Sejalan dengan itu peringatan Hari Jadi Kabupaten hendaknya menjadi momen penting untuk lebih bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat ke depan. 

"Kita berharap Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bisa sejajar dengan dengan kabupaten lainnya di Sumbar," cakapnya.

Terakhir, hari jadi kabupaten hendaknya juga menjadi momen untuk mengevaluasi apa saja yang telah dikerjakan, dan sejauhmana dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. (ADV)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan