26 Februari 2024

Pasca Pemilu, Bijak Memilih Informasi, Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa


PAINAN, (GemaMedianet.com) l Perkembangan teknologi dan telekomunikasi yang sangat pesat saat ini telah merubah cara berkomunikasi masyarakat secara umum. Ini harus disikapi dengan cara bijak agar tidak salah dalam memanfaatkannya.

Apalagi pasca pemilu saat ini, informasi yang menyesatkan banyak bermunculan di media sosial untuk itu bijaklah dalam memilih dan memilah informasi agar tidak terjebak dengan informasi hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.

Ketua DPRD Pessel Ermizen mengatakan, penyebaran informasi saat ini sudah merambah di setiap sudut dan kalangan dan bahkan di era modern saat ini, media sosial hampir menjadi suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan masyarakat. 

Selain digunakan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi antar sesama masyarakat, juga mencari informasi secara cepat sebagai sarana aktualisasi diri, termasuk juga menjadi sarana bagi sebagian orang untuk dapat mengekspresikan dirinya di depan khalayak umum.

BACA JUGA :  Pelabuhan Penasahan Painan Dibangun, Ermizen: Akan Berdampak Terhadap Perekonomian Masyarakatdibangun.html

Untuk itu perlu diingatkan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berdemokrasi secara etis dan bertanggung jawab di era digital.

"Kita mengajak masyarakat agar menggunakan ruang digital dengan bijak dan mempertahankan etika berpendapat yang baik, serta memiliki toleransi dalam berdiskusi di ruang digital," ujarnya.

Dijelaskannya, ruang digital dalam demokrasi pun menjadi ruang partisipasi publik di mana interaksi secara virtual terjadi. 

Namun kemudahan ruang digital itu harus diwaspadai dengan keamanan digital, agar tidak membawa dampak buruk bagi penggunanya. 

Apalagi di era politik saat ini. Berbagai informasi yang didapatkan harus disaring, supaya tidak terjebak dengan informasi hoax, pungkasnya.  

(Don)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan